Breaking News

Bencana Pergerakan Tanah, 16 Rumah Warga Kabupaten Lebak Rusak

Ilustrasi pergerakan tanah di Kabupaten Lebak. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Bencana alam berupa pergerakan tanah kembali terjadi di Kabupaten Lebak. Kali ini, sebanyak 16 rumah rusak akibat pergerakan tanah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mengatakan 16 rumah rusak akibat pergerakan tanah terjadi usai Lebak dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir beberapa hari lalu.

"Beruntung, pergerakan tanah itu tidak menimbulkan korban jiwa," terang Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak, Agustus Riza Faizal dalam keterangan resminya, Rabu (11/1/2023).

Dia juga mengatakan rumah warga yang terdampak pergerakan tanah terjadi di Desa Cigoong Utara, Kecamatan Cikulur. Berdasarkan pendataan di lapangan, sebanyak 16 rumah rusak dengan kategori rusak berat dan sedang juga 18 rumah terdampak pergerakan tanah. 

"Ada 16 rumah warga korban pergerakan tanah di Desa Cigoong Utara, Kecamatan Cikulur," terangnya. Menurutnya juga, BPBD Kabupaten Lebak hingga kini masih melakukan pendataan korban bencana alam tersebut. 

Pasalnya korban pergerakan tanah juga terjadi di sejumlah kecamatan. Apalagi, saat ini cuaca ekstrem yang ditandai hujan tinggi disertai angin kencang dan petir. Sehingga masyarakat harus waspada bencana alam.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak akan membantu masyarakat yang terdampak pergerakan tanah untuk meringankan beban ekonomi mereka. "Tahun lalu warga terdampak pergerakan tanah dapat bantuan pembangunan hunian tetap," ucap Agustus juga.

Sedangkan Kepala Desa Cigoong Utara, Kecamatan Cikulur, Habibi mengatakan, warga korban pergerakan tanah di wilayahnya kini sudah ditinjau oleh beberapa instansi terkait. Petugas juga sudah memberikan bantuan bahan pokok. 

"Kami berharap pemerintah daerah dapat membantu warga korban pergerakan tanah, terutama pembangunan hunian tetap," paparnya juga. (tim redaksi)


#bencanaalam
#hujanderas
#pergerakantanah
#kabupatenlebak
#pemprovbanten
#bpbdlebak
#kecamatancikulur

Tidak ada komentar