Breaking News

Begini Cara Menyimpan Makanan Agar Beku dan Tidak Mudah Busuk

Proses pembekuan makanan yang benar di freezer. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Membekukan makanan yang mudah busuk hal biasa yang dilakukan masyarakat. Tujuannya agar makanan itu lebih awet dan tahan lama agar bisa digunakan untuk waktu yang akan datang. 

Tapi kita harus hati-hati menggunakan metode pembekuan dengan freezer ini. Karena makanan yang dibekukan bisa kehilangan rasa atau mengalami perubahan tekstur serta perubahan, kendati makanan itu takkan membusuk.

Makanan yang bisa dibekukan biasanya terdiri dari daging, ikan, ayam dan sayur-sayuran yang mudah membusuk. 

Berikut beberapa tips berikut agar makanan yang disimpan dalam freezer terhindar dari kontaminasi:

1. Temperatur
Aturlah temperatur dalam freezer di nol derajat Celcius atau lebih sehingga makanan yang disimpan menjadi aman.

Gunakan termometer terpisah untuk mengukur suhu sebenarnya dalam freezer. Apabila es krim yang disimpan langsung mencair saat diambil dari freezer, maka suhunya kurang dingin.

2. Pengepakan yang Benar
Pembungkusan makanan yang benar akan mencegah makanan mengalami freezer burn dimana makanan itu akan menjadi buruk dan tidak enak.

Mengepak makanan dalam wadah khusus freezer akan mencegah pembusukan terjadi dengan cepat. Kalau bunda mengunakan plastik, pastikan ia tak memiliki lubang atau bungkus dua kali sehingga tak ada udara yang masuk dari luar kemasan.

3. Pencairan
Saat makanan dikeluarkan dari freezer dan mulai mencair, maka saat itu pula bakteri mulai tumbuh. Hati-hati, karena pencairan dalam refrigerator akan memicu pertumbuhan bakteri.

Anda dapat mencairkan sebagian dari makanan yang masih memiliki bunga es dan kembali bekukan sisanya yang tidak terpakai agar tidak busuk. (tim redaksi)

#makanan
#pengawetanmakanan
#makananbeku
#freezer
#kulkas
#tipsrumahtangga

Tidak ada komentar