Breaking News

Banyak Permintaan, Inflasi Desember 0,66 Persen

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada bulan Desember 2022 sebesar 0,66 persen (month to month/mtm). Perolehan ini disumbang oleh kenaikan harga beras dan air minum PAM sebesar 0,07 persen. 

"Inflasi secara bulanan terjadi karena ada peningkatan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 112,85 pada November 2022 menjadi 113,59 pada Desember 2022," jelas Kepala BPS, Margo Yuwono dalam Konferensi Pers Virtual, Senin (2/1/2023). 

Sementara secara tahunan tahunan (year on year/yoy) tembus 5,51 persen. Inflasi tahunan ini juga mencerminkan capaian inflasi sepanjang tahun 2022. "Inflasi Desember merupakan inflasi musiman, sehingga terjadi peningkatan permintaan karena momentum liburan sekolah, Natal dan Tahun Baru itu siklus bulanan. Dalam empat bulan terakhir, inflasi Desember 2022 jadi yang tertinggi," tambahnya. 

Ia menjelaskan, kelompok pengeluaran penyumbang inflasi tertinggi secara bulanan yakni makanan minuman, tembakau, perumahan, air listrik, bahan bakar rumah tangga diikuti transportasi yang memberikan andil 0,06 persen. "Saya katakan inflasi Desember 0,66 persen mtm dilihat komoditas penyumbang inflasi mtm beras, tarif air minum PAM dan kenaikan harga telur ayam ras. Untuk Desember 2022, seluruh kota IHK (indeks harga konsumen) inflasi tertinggi Bandung sebesar 2,04 persen sementara inflasi terendah daerah Sorong inflasi capai 0,01 persen," tandasnya. 

Sementara penyumbang inflasi secara tahunan terbesar kelompok transportasi 15,26 persen (yoy) dengan andil 1,84 persen komoditas penyumbang inflasi tertinggi. Kemudian komoditas bensin, bahan bakar rumah tangga, tarif angkutan udara, beras rokok kretek filter, dan telur ayam ras dan kontrakan rumah. 

"Secara tahunan inflasi Desember 2022 terjadi pada seluruh kota, dengan inflasi tahunan tertinggi di Kota Baru 8,65 persen (yoy) dan inflasi tahunan terendah Sorong 3,26 persen (yoy)," ucapnya. (tim redaksi) 

#bps
#inflasi
#infasidesember
#ihk
#komoditas

Tidak ada komentar