Breaking News

Bantul dan Pacitan Digoyang Gempa, BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa bumi. Foto: net

WELFARE.id-Sepanjang hari ini, Kabupaten Bantul di Provinsi Jogjakarta dan Kabupate Pacitan, Provinsi Jawa Timur dilanda gempa berkekuatan sedang antara mangnitudo 3,1 dan magnitudo 5,9. 

Pada Senin (9/1/2023) pada pukul 05.41 WIB, Kabupaten Bantul, DIY diguncang gempa tektonik. Berdasarkan analisis dari BMKG, gempa bumi tersebut memiliki parameter dengan magnitudo 3.1.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Sleman, Setyoajie Prayoedhie mengatakan, episenter gempa bumi berlokasi di darat pada jarak 13 kilometer (km) arah tenggara Bantul, yakni pada kedalaman 18 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar opak," kata Setyoajie dalam keterangan resminya, Senin (9/1/2023)

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bantul II MMI. Artinya, getaran dirasakan oleh beberapa orang di wilayah Bantul, dan benda-benda ringan yang digantung turut bergoyang akibat gempa.

"Hingga hari Senin (9/1) pukul 07.15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock," tambah Setyoajie.

Hingga saat ini, katanya, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," paparnya juga.

Meski beberapa warga Kabupaten Bantul merasakan getaran, namun warga di kabupaten/kota lainnya di DIY tidak merasakan getaran gempa. Seperti di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman.

"Saya malah tidak tahu (ada gempa), karena sama sekali tidak merasakan adanya getaran atau rumah saya goyang," terang Samsudin, 34, salah seorang warga Kota Yogyakarta, Senin (9/1/2023).

Menyusul dengan adanya dua kali gempa bumi ini, Setyoajie meminta masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Setyoajie juga meminta masyarakat untuk memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggalnya tidak rusak dihantam gempa sebelum kembali ke dalam rumah. ”Masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa," katanya juga. 

Gempa kembali terjadi pada malam harinya di wilayah tetangga Provinsi Jogjakarta. Gempa berkekuatan magnitudo 5,9 itu berpusat di 107 KM Tenggara Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur (Jatim) terjadi Pukul 19.26.29 WIB. 

Data BMKG menyebutkan pusat lokasi gempa terjadi 9.15 LS, 111.12 BT dengan kedalaman 10 KM. Gempa ini terasa di beberapa wilayah Yogyakarta. Namun, ada juga yang tidak merasakannya. (tim redaksi)


#gempa
#jogjakarta
#kabupatenbantul
#kabupatenpacitan
#jawatimur
#bmkg
#stasiungeofisikasleman

Tidak ada komentar