Breaking News

Banjir Landa Jawa Tengah, Ribuan Warga Mengungsi, Tiga Tewas

Warga menerobos banjir sambil menenteng motor di Kota Semarang, Jawa Tengah. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Banjir pada akhir tahun 2022 hingga awal 2023 yang melanda Provinsi Jawa Tengah (Jateng)  bukan hanya terjadi di Semarang tapi juga sejumlah kota/kabupaten di provinsi tersebut.

Banjir awal tahun 2023 ini melanda kawasan pesisir utara Jateng sejak beberapa hari terakhir, dan menyebabkan ribuan warga mengungsi.

Sejumlah daerah yang dilanda banjir diantaranya Kabupaten Demak, Kabupaten Kendal, Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, serta Kota Pekalongan. 

Data yang dihimpun dari Pusat Data, Informasi (Pussdatin) dan Komunikasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) menyebutkan, hingga Senin (2/1/2023) ini, banjir dilaporkan belum seluruh daerah surut.

“Di antaranya di Kota Semarang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kendal, Kabupaten Kudus, Kabupaten Demak, dan Kota Pekalongan,” terang Plt Kepala Pusdatin dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan terulisya, Senin (2/1/2023).

Akibat banjir tersebut mengakibatkan sebanyak 3.500 jiwa harus mengungsi. Rinciannya sebanyak 281 jiwa di Kabupaten Kendal, 1.900 jiwa di Kota Pekalongan dan sebanyak 1.395 jiwa di Kabupaten Kudus.

“Di wilayah Kabupaten Demak, banjir juga mengakibatkan sedikitnya 455 kepala keluarga (KK) terdampak harus meninggalkan hunian mereka untuk mengungsi,” katanya juga.

Muhari mengaku langkah yang telah diambil, BPBD yakni telah menurunkan peralatan seperti pompa penyedot air dan perahu karet untuk melakukan evakuasi sekaligus menyiapkan logistik kebutuhan pengungsi.

”BPBD di kota/kabupaten bersama relawan juga telah mendirikan dapur umum dan posko bantuan untuk memenuhi kebutuhan dasar warga yang terdampak bencana banjir,” katanya juga.

Untuk diketahui, hingga kini banjir yang melanda Semarang telah merenggut tiga orang tewas. Selama tiga hari banjir melanda Semarang itu membuat tiga  warga tewas tersetrum. (tim redaksi)

#banjir
#semarang
#jawatengah
#pantura
#bpbd
#bnpb
#banjirtigahari
#tigatewas

Tidak ada komentar