Breaking News

Atasi Banjir Rob, Tanggul di Penjaringan Ditinggikan

Tanggul di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara melakukan peninggian tanggul di beberapa titik di kawasan Kecamatan Penjaringan. Salah satunya di kawasan Resto Apung Muara Angke, Jl Pendaratan Udang, Pelabuhan Muara Angke, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan. 

Peninggian tanggul ditarget selesai dalam dua pekan. Rencananya, tanggul tersebut akan dinaikkan setinggi 50 sentimeter, untuk menahan limpasan banjir rob ke pemukiman warga. 

Kepala Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Penjaringan Pendi menambahkan, pekerjaan peninggian tanggul di kawasan Kecamatan Penjaringan itu menindaklanjuti arahan Dinas SDA DKI Jakarta. Pekerjaan sudah dimulai sejak Kamis (5/1/2023). 

"Peninggian tanggul rencananya setinggi 50 sentimeter dengan lebar sekitar 50 sentimeter juga," jelas Pendi, dikutip Kamis (12/1/2023). Total pekerjaan meliputi sepanjang 47 meter.

Ia menjelaskan, beberapa pekan lalu, sempat viral air laut limpas melalui area bawah Resto Apung ke lahan parkiran. Karena itu, peninggian tanggul dilakukan di area sekitar Resto Apung hingga pagar akses parkir.  

"Materialnya dengan betonisasi diperkuat sloop. Targetnya rampung dua pekan," imbuhnya. Pekerjaan peninggian tanggul juga dilakukan di Jalan Pendaratan Udang, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan. 

"Untuk pengerjaan peninggian tanggul tersebut kami akan membuat kerangka tambahan untuk memperkuat tanggul baru dari yang sudah ada atau tanggul eksisting," ungkapnya lagi. (tim redaksi)

#tanggulpenjaringanditinggikan
#tanggulmuaraangke
#banjirrob
#dinasSDADKIjakarta
#peninggiantanggul
#kecamatanpenjaringan
#jakartautara

Tidak ada komentar