Breaking News

Asam Lambung Bisa Berbahaya, Ini Ciri-Ciri dan Penyebabnya

Penyakit asam lambung. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Penyakit asam lambung bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak sampai orang dewasa. Penyakit asam lambung terjadi ketika cairan asam dari lambung kembali naik ke kerongkongan dan mulut.

Melansir Piedmont Healthcare, Senin (16/1/2023), gejala asam lambung naik di antaranya, perut atas atau dada terasa panas, mulut terasa asam, nyeri dada, batuk sakit tenggorokan, dan mual. Orang yang mengalami gejala asam lambung naik setidaknya 2 kali seminggu dikatakan mengidap gastroesophageal reflux disease (GERD).

Gangguan pencernaan ini rentan menyerang orang yang kelebihan berat badan, perokok, suka mengonsumsi makanan tinggi lemak, serta peminum kafein dan alkohol berlebihan. Jika asam lambung kambuh, hal ini tentu menimbulkan rasa tidak nyaman serta membahayakan kesehatan karena meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit lain.

Penyebab Asam Lambung Naik

Saat menelan, otot di bawah kerongkongan alias sfingter esofagus akan rileks dan membuat makanan serta cairan mengalir ke perut, setelahnya sfingter akan menutup kembali. Namun, masalah pada otot kerongkongan membuat asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

Selain itu, ada juga beberapa penyebab asam lambung naik seperti berikut:

- Obesitas
- Banyak tekanan pada perut pada ibu hamil
Berusia lanjut (lansia)
- Mengalami gastroparesis, yakni melemahnya otot dinding lambung sehingga pengosongan lambung melambat
- Scleroderma alias penyakit yang menyerang jaringan ikat
- Jenis makanan tertentu, misalnya, susu, makanan pedas atau gorengan, dan kebiasaan makan yang salah
- Obat-obatan tertentu, seperti obat asma, tekanan darah tinggi dan alergi, serta obat penghilang rasa sakit, obat penenang, dan antidepresan.

Ciri-ciri Asam Lambung Naik

1. Heartburn atau Rasa Panas di Dada

Ciri-ciri asam lambung naik yang paling umum adalah heartburn alias rasa panas di dada. Sensasi panas atau terbakar ini terjadi pada dada bagian tengah, bahkan bisa menyebar dari perut hingga ke leher atau punggung.

Selain panas, ada juga sensasi seperti ditusuk-tusuk jarum. Heartburn umumnya terjadi setelah makan, berbaring, dan saat membungkuk. 

Ketika asam lambung naik, jaringan yang ada di sepanjang kerongkongan atau esofagus bisa mengalami iritasi akibat paparan cairan asam ini.

2. Rasa Mual

Ketika asam lambung naik, ada ciri lain yang mengiringi yakni, rasa mual bahkan hingga ingin muntah. Bagi beberapa orang, asam lambung naik bahkan bisa sampai memuntahkan cairan bening atau kuning yang terasa amat pahit. 

Rasa mual tersebut terjadi akibat timbulnya nyeri hebat pada lambung dan ulu hati.

3. Sakit Tenggorokan

Asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Penderita yang terlalu sering mengalami GERD bakal menunjukkan kondisi di mana dinding tenggorokan berwarna merah. 

Beberapa gejala lain yang timbul akibat asam lambung naik adalah radang atau sakit tenggorokan, yakni berupa suara serak dan ada sensasi benjolan pada tenggorokan.

4. Perut Kembung

Makanan yang sudah mengendap pada sistem pencernaan dan tidak langsung tercerna bakal mengakibatkan produksi gas yang terus meningkat. Ini disebut dengan acid reflux yang menimbulkan rasa perut kembung setelah makan. 

Jika sering dibiarkan bakal menimbulkan ciri-ciri asam lambung naik lain yang berbahaya.

5. Sendawa

Perut yang terasa penuh bakal mengeluarkan gas dalam bentuk sendawa. Perut kembung dan sendawa juga bisa berkaitan dengan peradangan pada lapisan lambung yang disebabkan oleh bakteri H. 

Pylori yang bertanggung jawab atas beberapa kasus tukak lambung.

6. Napas Bau

Kamu mungkin sudah rutin menyikat gigi dan membersihkan mulut, tapi ternyata masih memiliki bau mulut. Jika ini terjadi, bisa jadi pertanda asam lambung yang naik. 

Bau mulut akibat asam lambung naik terjadi karena adanya pergerakan isi lambung ke kerongkongan. Selain itu, napas bau juga bisa disebabkan akibat cara mengunyah makanan yang tidak sempurna. 

Hal itu membuat makanan bakal membusuk di dalam lambung dan menyebabkan napas yang tidak sedap.

7. Rasa Asam di Mulut

Asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan bisa menimbulkan gejala rasa asam pada daerah mulut. Selain itu, rasa asam di mulut akibat asam lambung naik juga bisa dibarengi dengan rasa panas seperti sensasi terbakar pada tenggorokan.

Bahaya Asam Lambung Naik Bagi Kesehatan

Pembusukan Gigi

Perlu kamu ketahui, pembusukan gigi adalah salah satu bahaya asam lambung. Pasalnya, saat asam lambung naik ke saluran pencernaan bagian atas di antaranya mulut.


Hal tersebutlah yang berisiko membuat adanya pembusukan gigi yang diakibatkan oleh asam lambung.


Luka Esofagus

Bahaya asam lambung lainnya yaitu munculnya luka di area esofagus atau saluran penyambung antara kerongkongan dan lambung. Jika terjadi hal tersebut tentu membahayakan serta dapat menimbulkan rasa sakit di area dada, saat menelan, hingga mual.

Esofagus Barrett

Hal yang perlu kamu waspadai jika mempunyai riwayat asam lambung lainnya adalah Esofagus Barrett. Pasalnya, penyakit tersebut awalnya tidak menunjukkan gejala apapun.

Meski demikian, kamu harus tetap waspada dan segera melakukan pengobatan untuk asam lambung yang kamu idap.

Esofagitis

Dilansir dari WebMD, jika asam lambung naik dibiarkan akan membuat lapisan kerongkongan meradang atau disebut sebagai esofagitis. Hal tersebut akan membuat kamu kesulitan menelan makan hingga minuman sekalipun.

Gejala Umum Asam Lambung Naik

- Napas bau
- Batuk
- Sulit menelan
- Mual
- Suara serak
- Sendawa
- Kerongkongan sakit

Buah yang Baik untuk Mencegah Asam Lambung

Bagi kamu yang kerap mengalami asam lambung naik, cobalah untuk rutin mengkonsumsi beberapa buah berikut. Buah-buah ini baik untuk pencernaan dan kesehatan. 

Selain itu, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di pasar atau supermarket terdekat. Ini dia daftar buah yang baik untuk mencegah asam lambung:

- Pepaya
- Apel
- Pisang
- Melon
- Air Kelapa
(tim redaksi)

#penyakitasamlambung
#gejalaasamlambung
#penyebabasamlambung
#tipsmencegahasamlambung
#bahayaasamlambung

Tidak ada komentar