Breaking News

Alami Kebocoran, Kapal Cepat Kebo Iwa Express Tenggelam di Perairan Sanur

Tangkapan layar tenggelamnya kapal cepat Kebo Iwa express 

WELFARE.id-Kapal cepat atau fast boat Kebo Iwa Express alami kebocoran dan terbalik di perairan Sanur, Bali, Selasa (3/1/2023). Sebanyak 23 penumpang dan 6 anak buah kapal (ABK) selamat dan berhasil dievakuasi kapal lain yang melintas dan tim Search and Rescue (SAR) setempat. 

"Semua penumpang dan kru kapal telah dievakuasi dalam keadaan selamat oleh kapal yang berada disekitar Pelabuhan Sanur Denpasar dan dibawa menuju Pelabuhan Sanur," kata Kepala Basarnas Bali Gede Darmada dikutip Kamis (5/1/2023). 

Kapal nahas itu terbalik saat menuju Sanur dari Nusa Penida. Peristiwa itu terjadi di 2 mil arah timur Pelabuhan Sanur, 8°40'7.05"S - 115°17'32.15"T pada pukul 17.20 Wita. 

Tim SAR yang menerima laporan segera menuju ke lokasi untuk menyelamatkan para penumpang. Usai mengevakasi para penumpang, petugas berusaha mengevakuasi kapal yang terbalik di tengah perairan. 

Kepolisian Daerah Bali menyebutkan faktor yang menyebabkan tenggelamnya kapal cepat tersebut karena adanya kebocoran pada lambung kapal. 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali Komisaris Besar Polisi Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, kapal cepat Kebo Iwa Express mengalami kebocoran setelah 20 menit lepas jangkar dari Pelabuhan Maruti, Nusa Penida menuju Pelabuhan Sanur, Denpasar. "Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," katanya. 

Satake menjelaskan, berdasarkan keterangan Nyoman Murka, sebagai operasional fastboat Kebo Iwa Express, beruntung bahwa pada saat kejadian ada beberapa kapal lain yang melintas dari Nusa Penida menuju Pelabuhan Sanur, Denpasar. 

Pada saat itu, korban yang terombang ambing di lautan berhasil diselamatkan oleh ABK dan dievakuasi dengan kapal Idola Express dan Semabhu Hilss menuju Pelabuhan Sanur, Denpasar. Kejadian tersebut selain menenggelamkan Kapal Kebo Iwa Express, juga membuat beberapa penumpang mengalami luka ringan. 

Saat ini, Satuan Ditpolairud Polda Bali melakukan penyisiran dan pencarian barang-barang milik wisatawan asing yang tidak terselamatkan pada saat kejadian tersebut. Pencarian tersebut berfokus di perairan Sanur, perairan Serangan dan perairan Ketewel, Gianyar, Bali. (tim redaksi

#kapalcepat
#keboiwaexpress
#keboiwaexpresstenggelam
#bali
#perairansanur
#poldabali

Tidak ada komentar