Breaking News

60 Ribu Rumah Tanpa Listrik dan 2 Korban Tewas, Dampak Badai Pasifik yang Terjang California AS

Warga Aptos Beach Flats Dawn Wilkinson berjalan melalui air banjir dari rumahnya di Aptos, California, Amerika Serikat. Foto: AP Photo/ Nic Coury

WELFARE.id-Lebih dari 60.000 rumah dan bisnis masih tanpa aliran listrik di California, Sabtu (7/1/2023). Melansir PowerOutage.us, masih banyak rumah warga yang terendam banjir dan aneka sampah menumpuk di pekarangan mereka, usai terjadi badai besar di Pasifik menimbulkan angin kencang, hujan lebat, dan salju lebat di seluruh negara bagian.

Sedikitnya dua korban jiwa telah dilaporkan sejak Rabu lalu, akibat badai. Mematikan listrik ke puluhan ribu rumah dan mengganggu perjalanan darat dengan banjir bandang, tanah longsor dan pohon tumbang.

Sebelumnya, Pacific Gas and Electric Co (PG&E) mengatakan telah memulihkan daya ke lebih dari 400.000 pelanggan dalam 30 jam terakhir, Jumat (6/1/2023). Sekitar 55.000 pelanggan masih tanpa listrik di wilayah PG&E.

Badai tersebut diperkirakan terjadi karena adanya dua fenomena alam yang saling tumpang tindih. Aliran udara yang sangat besar dari uap air yang padat dari lautan yang disebut sungai atmosfer.

Lalu sistem tekanan rendah berkekuatan badai yang luas yang dikenal sebagai siklon bom. Ledakan cuaca musim dingin yang ekstrem menandai sungai atmosfer ketiga dan terkuat yang menyerang California sejak awal pekan lalu, dengan setidaknya dua badai berturut-turut diperkirakan selama beberapa hari ke depan.

Menurut Layanan Cuaca Nasional (NWS), daerah yang paling rentan tetap berada di lereng bukit yang gundul dari vegetasi akibat kebakaran hutan di masa lalu. Wilayah Teluk San Francisco, ibu kota negara bagian Sacramento, dan wilayah sekitarnya masih belum pulih dari kerusakan akibat banjir yang parah, termasuk jebolnya tanggul di sepanjang Sungai Cosumnes, ketika serangan hujan terbaru melanda.

Ahli meteorologi Rich Otto di NWS Weather Prediction Center di Maryland mengatakan, badai terbaru mengguyur San Francisco dengan curah hujan sekitar 2 inci (51mm) dan pegunungan pesisir utara dan selatan kota dengan curah hujan 5 hingga 7 inci. Akumulasi salju setinggi satu kaki (0,3 meter) hingga 18 inci atau lebih diukur di Sierras.

Pihaknya juga telah mengeluarkan peringatan dini bagi para peselancar di tiga wilayah pesisir paling utara di negara bagian itu. Yaitu, Mendocino, Humboldt, dan Del Norte, tempat gelombang tiga lantai menghantam garis pantai dan menerjang pantai. (tim redaksi)

#badaiterjangcalifornia
#badai
#peringatandini
#banjirbandang
#rumahrusak
#duakorbantewas
#hujanlebat

Tidak ada komentar