Breaking News

324 Personel Polda Banten Dikerahkan Amankan Perayaan Imlek 2023

Apel kesiapsiagan perayaan Imlek 2023 yang dilakukan jajaran Polda Banten. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Guna menjaga keamanan pada saat liburan nasional Imlek 2023 yang jatuh pada Minggu (22/1/2023), Polda Banten menurunkan sebanyak 324 personel. Ratusan personel itu akan 28 vihara yang ada di Provinsi Banten. 

Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Banten Kombespol Dedi Suhartono mengatakan terdapat 28 vihara di wilayah Polda Banten, dengan rincian di wilayah hukum Polresta Serang Kota sebanyak 5 vihara, Polres Lebak ada 1 vihara, Polres Pandeglang 1 vihara, Polres Cilegon 2 vihara, dan Polresta Tangerang sebanyak 19 vihara.

”Kekuatan personel yang dilibatkan dalam pelaksanaan pengamanan yaitu sebanyak 324 personel. Mereka disebar di 28 vihara itu melakukan pengamaman," terang Dedi, Sabtu (21/1/2023).

Dedi juga menjelaskan cara bertindak pihak kepolisian dalam pelaksanaan pengamanan Imlek 2023 terdapat dua cara. Pertama bertindak secara taktis di antaranya melaksanakan pengaturan lalu lintas, menempatkan personel di titik pengamanan, pemeriksaan terhadap barang bawaan pengunjung vihara.

"Kedua cara bertindak teknis, yaitu koordinasi dengan instansi terkait dan panitia penyelenggara, menyiapkan renpam atau rencana pengamanan dan deteksi dini," kata Dedi.

Menurut perwira menengah Polri ini juga, beberapa perkiraan ancaman di antaranya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, balap liar, aksi premanisme, penyalahgunaan narkoba.

Lalu, munculnya kejahatan terhadap rumah yang ditinggalkan, meningkatnya kejahatan C3, ancaman terorisme, bencana alam, dan bencana non alam yang bakal terjadi selama Imlek 2023.

Sementara itu, Wakapolda Banten Brigjen Pol M Sabilul Alif mengatakan rapat persiapan pengamanan sebagai pedoman dalam perencanaan pengamanan libur panjang dan cuti bersama dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2023 di daerah hukum Polda Banten.

Dia juga mengatakan pengamanan itu juga untuk mengantisipasi kerawanan yang berpotensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polda Banten

Sabilul Alif juga mengatakan pula, rangkaian perayaan Imlek 2023 dengan pengumpulan massa itu bisa terlaksana karena situasi pandemi COVID-19 sudah mengalami penurunan.

"Perayaan ibadah dan perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini dapat dirayakan, karena pandemi COVID-19 telah mengalami penurunan," papar juga mantan Kapolresta Tangerang ini lagi. 

Menurutnya juga, perayaan Imlek kali ini akan meningkatkan mobilitas, frekuensi kegiatan, dan volume konsentrasi masyarakat etnis Tionghoa di rumah ibadah, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, tempat wisata, maupun lokasi pemakaman etnis Tionghoa. (tim redaksi)


#pengamanan
#imlek2023
#poldabanten
#jagavihara
#kerahkan324personel
#cutibersama

Tidak ada komentar