Breaking News

12 Desa di Kabupaten Penajam Paser Utara Naik Status Jadi Desa Mandiri

Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Sebanyak 12 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur diganjar penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Ke-12 desa tersebut memenuhi syarat menerima penghargaan desa mandiri.

Kepala Bidang Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Kekayaan Milik Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Penajam Paser Utara Nuryulianita Sunawardhati menjelaskan, penghargaan desa mandiri diukur berdasarkan hasil pengukuran IDM (Indeks Desa Membangun).

Kemudian desa mandiri juga ditentukan berdasarkan IKS (Indeks Ketahanan Sosial), IKE (Indeks Ketahanan Ekonomi), dan IKL (Indeks Ketahanan Lingkungan). Desa yang mendapatkan penghargaan desa mandiri antara lain, Desa Babulu Darat, Gunung Makmur, Gunung Mulia, Labangka Barat, Girimukti, Giripurwa, Sidorejo, Argomulyo, Sukaraja, Tengin Baru, Bangun Mulya, dan Desa Sesulu.

"Diharapkan, desa yang masih berstatus desa maju dan berkembang ke depan bisa meningkatkan status menjadi desa mandiri. Sehingga semua desa di daerah berjuluk Benuo Taka itu mendapatkan penghargaan desa mandiri," harapnya, dikutip Selasa (10/1/2023).

Dia menambahkan, penghargaan desa mandiri tidak hanya dari pemerintah pusat saja, tetapi pemerintah kabupaten juga memberikan penghargaan kepada desa mandiri tersebut. "Dari 30 desa, 12 di antaranya berstatus desa mandiri, 15 desa maju, dan tiga desa berkembang," rincinya.

Kepala Desa Labangka Barat Joko Sadyono yang menerima penghargaam status desa mandiri menyebut, salah satu upaya wujudkan desa mandiri yaitu terkait penggunaan dana desa yang baik. 

Penggunaan dana desa di wilayahnya, ucapnya, salah satunya untuk penanganan pencegahan kemiskinan ekstrem atau kondisi ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan dasar. (tim redaksi)

#desamandiri
#kabupatenpenajampaserutara
#kalimantantimur
#kementerianPDTT
#penghargaan
#penggunaandanadesa
#danadesa

Tidak ada komentar