Breaking News

Waspada! Omicron XBB Lebih Cepat Menular, Ini Cara Mencegahnya

Ilustrasi virus Corona subvarian XBB. Foto: Shutterstock.

WELFARE.id - Virus Corona jenis Omicron subvarian XBB yang kini sudah ditemukan di Indonesia disebut memiliki sifat penyebaran yang cepat dan lebih menular dibandingkan varian-varian sebelumnya.

Meski gejala yang dilaporkan para pasien COVID-19 subvarian XBB cenderung ringan dan belum ada kefatalan, tapi para ahli tetap menganjurkan masyarakat untuk tetap melanjutkan kebiasaan baik untuk mencegah penyebaran virus yang lebih luas.

Dokter spesialis paru dr Qamariah Laila menyebutkan beberapa langkah antisipasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat agar penyebaran subvarian XBB bisa diminimalisasi. Berikut di antaranya.

1. Jalani Pola Hidup Sehat
Terlepas masa pandemi atau tidak, dr Qamariah menganjurkan agar masyarakat memiliki pola hidup bersih dan sehat yang melekat pada diri sendiri dan orang-orang di lingkungan sekitar.

"Hidup bersih dan sehat termasuk makan makanan bergizi sesuai komposisi dan jumlahnya, olahraga yang cukup, minum air cukup, istirahat yang cukup, dan juga mampu untuk mengelola stres," ucap dr Qamariah dalam bincang kesehatan di Instagram Radio Kesehatan Kemenkes RI, belum lama ini.

2. Jalankan Protokol Kesehatan
Masih dalam status pandemi, maka menjaga jarak tentu masih harus diberlakukan di mana pun kita berada. Dengan adanya banyak kelonggaran di beberapa tempat, masyarakat tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan.

"Prokes masih harus tetap jalan. Tetap jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan. Kebiasaan baik ini harus tetap dilanjutkan karena tidak ada ruginya dan lebih banyak manfaatnya," ujar dr Qamariah lagi.
 
3. Suntik Vaksin dan Booster
Dengan adanya banyak subvarian COVID-19 yang muncul dengan tingkat penularan yang tinggi, masyarakat perlu menjaga imunitasnya tetap prima.

"Pastikan diri kita sudah vaksin booster. Intinya apa pun yang membuat kita imunitasnya semakin prima, ya lakukan saja," tandasnya. (tim redaksi)

#virus corona
#covid-19
#pandemi
#subvarian xbb
#lebih menular
#prokes
#jaga jarak

Tidak ada komentar