Breaking News

Wabah Bakteri Strep A, Enam Balita di Inggris Meninggal Dunia

Seorang bayi baru lahir yang terpapar bakteri Strep A di Inggris. Foto: net

WELFARE.id-Ancaman infeksi radang pada balita dan anak-anak yang bisa menyebabkan kematian tengah mewabah di Inggris. Karena itu, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) telah mengeluarkan peringatan kepada orang tua terkait kondisi tersebut. 

Sejauh ini, sudah enam orang anak di Inggris dinyatakan meninggal karena infeksi bakteri dari kelompok yang disebut Strep A tersebut. 

Kelompok Streptococcus A-juga dikenal sebagai kelompok A Strep atau Strep A, adalah bakteri yang dapat menyebabkan banyak infeksi berbeda. Mereka umumnya ditemukan di tenggorokan dan pada kulit, beberapa orang yang terinfeksi tidak memiliki gejala.

Untuk diketahui, infeksi virus Strep A dapat menyebabkan penyakit ringan hinggga serius dan mematikan, termasuk infeksi kulit impetigo, scarlet fever, dan radang tenggorokan. 

Walaupun sebagian besar infeksi relatif ringan, bakteri dapat menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa yang disebut penyakit streptococcus grup A invasif (Group A Streptococcal).

Bakteri ini disebarkan melalui kontak dengan orang yang terinfeksi atau melalui kontak dengan lesi kulit yang terinfeksi. Bakteri dapat ditularkan dari orang ke orang dengan sentuhan dekat, seperti berciuman atau kontak kulit. 

Risiko penyebaran paling tinggi terjadi ketika seseorang sakit seperti mengalami radang tenggorokan atau luka yang terinfeksi.

Apa itu penyakit streptococcus grup A invasif? Ini adalah infeksi yang berpotensi mengancam jiwa di mana bakteri telah menginvasi bagian-bagian tubuh, seperti darah, otot dalam, atau paru-paru. 

Dua bentuk penyakit invasif yang paling parah, meskipun jarang, adalah necrotising fasciitis dan sindrom streptococcus toxic shock. Necrotising fasciitis dapat terjadi jika luka terinfeksi. 

Sindrom streptococcus toxic shock adalah infeksi yang berkembang pesat dan menyebabkan tekanan/guncangan darah rendah, kerusakan organ seperti ginjal, hati dan paru-paru.

Dilansir The Sun, Minggu (4/12/2022), infeksi strep A seperti demam scarlet dan impetigo bisa diobati dengan antibiotik. Setelah 24 jam ditangani antibiotik, pasien umumnya dianggap tidak lagi menular.

Mereka yang dianggap memiliki penyakit 
streptococcus grup A harus segera mencari bantuan medis. Antibiotik, obat -obatan lain, dan penanganan medis intensif cenderung diperlukan.

Lalu apa saja gejalanya? Impetigo adalah infeksi kulit yang dimulai dengan luka merah atau lepuh yang kemudian pecah dan meninggalkan bercak. Infeksi dapat diobati dengan antibiotik.

Sementara itu, gejala demam scarlet sering kali mirip seperti flu, mulai dari suhu tinggi, sakit tenggorokan, dan kelenjar leher bengkak. Ruam muncul 12 hingga 48 jam kemudian, mulai dari dada, perut dan kemudian menyebar.

Lapisan putih juga muncul di lidah, menyebabkam lidah merah, bengkak dan dipenuhi benjolan kecil, kondisi yang sering disebut lidah stroberi. 

Sementara itu, tanda-tanda necrotising fasciitis antara lain demam dengan suhu tinggi di atas 38 Celsius, nyeri parah atau pembengkakan, dan kemerahan di lokasi luka.

Tanda-tanda awal dan gejala streptococcus toxic shock mungkin termasuk demam, pusing, kebingungan, tekanan darah rendah, ruam dan sakit perut. Anda harus segera menemui dokter, jika sakit tenggorokan tidak membaik setelah sepekan, suhu tinggi, atau merasa panas. 

Orang dengan sistem kekebalan yang melemah, seperti mereka yang mengalami kemoterapi, juga harus menemui dokter.

Layanan kesehatan nasional Inggris (NHS) juga mengungkap beberapa kondisi pada anak yang berpotensi Strep A. Segera periksakan ke dokter jika anak mengalami kondisi sebagai berikut:

-Selera makan anak berkurang dan makan lebih sedikit dari biasanya.
-Lalu popok anak masih kering dalam waktu 12 jam atau lebih, menunjukkan tanda-tanda dehidrasi.
-Bayi di bawah usia 3 bulan memiliki suhu 38 derajat celsius atau lebih tinggi.
-Suhu anak terasa lebih panas dari biasanya ketika Anda menyentuh area punggung atau dada.
-Anak terlihat sangat lelah atau mudah rewel.

Para orang tua juga diimbau segera menghubungi ambulans jika anaknya mengalami gejala sebagai berikut:

1. Sulit bernapas, dimana Anda mungkin mendengar suara mendengus ketika anak bernapas.
2. Ada jeda saat anak bernapas.
3. Kulit, lidah, atau bibir anak berwarna biru
4. Anak lunglai dan tidak bangun, atau tetap terjaga.

Untuk mengurangi risiko penyakit ini, orang tua dianjurkan untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) mendasar, seperti mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. (tim redaksi)

#kesehatan
#infeksiradang
#seranganak-anak
#inggris
#layanankesehatannasionalinggris
#nhs
#prokes

Tidak ada komentar