Breaking News

Usai Pandemi COVID-19, Kabupaten Tangerang Catat Kenaikan Temuan Kasus HIV/AIDS

Logo kasus HIV/AIDS. Foto: net

WELFARE.id-Kasus penularan human immunodeficiency virus (HIV) dan acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) di Kabupaten Tangerang terus bertambah tiap tahunnya. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang mencatat ada sebanyak 522 kasus HIV/AIDS sepanjang Januari hingga November 2022 yang terjadi di Kabupaten Tangerang.

"Dari Januari sampai dengan November 2022 tercatat ada 522 kasus, dengan kasus HIV sebanyak 372 orang dan AIDS sebanyak 150 orang," terang Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang, Sumihar Sihaloho, Sabtu (3/12/2022). 

Angka itu mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Data Dinkes Kabupaten Tangerang menunjukkan, penderita HIV/AIDS di Kabupaten Tangerang pada 2021 sebanyak 414 kasus dengan rincian 264 kasus HIV dan 150 kasus AIDS.  

”Hanya saja tahun lalu sedang terjadi pandemi COVID-19, ada pembatasan kegiatan sehingga penelusuran kasus HIV/AIDS ini tidak berjalan secara optimal," ungkapnya juga. 

Dia juga mengatakan, pada 2022 tepatnya sejak Kabupaten Tangerang masuk aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1, pihaknya kembali mengintensifkan penelusuran kasus HIV/AIDS. 

Sehingga angkanya tercatat lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. ”Sebanyak 44 puskesmas di Kabupaten Tangerang melakukan mobile VCT (voluntary counseling and testing) kembali,” terangnya juga.

Petugas juga mulai melakukan skrining HIV ke ibu hamil, pasien TB (tuberkulosis), pasien IMS (infeksi menular seksual), dan populasi kunci (wanita pekerja seksual/ WPS, waria, laki-laki seks dengan laki-laki/ LSL, dan warga binaan pemasyarakatan/ WBP).

”Hasilnya kami dapatkan 522 kasus," ujar Sumihar juga. Kini, penderita HIV/AIDS di Kabupaten Tangerang didominasi oleh kalangan laki-laki. Adapun usia rata-rata yakni usia produktif di rentang 25 tahun hingga 49 tahun. (tim redaksi)


#kabupatentangerang
#penularankasus
#kasusmeningkat
#hiv
#aids
#provinsibanten

Tidak ada komentar