Breaking News

Tersapu Banjir Bandang saat Ritual Keagamaan, 14 Jemaat Gereja di Johannesburg Tewas 3 Masih dalam Pencarian

Korban tenggelam. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Banjir bandang menerjang Afrika Selatan, Sabtu (3/12/2022). Sebanyak 14 orang tewas terseret arus. Korban seluruhnya adalah jemaat gereja di sepanjang Sungai Jukskei di Johannesburg. Sebelum peristiwa nahas tersebut, mereka tengah melakukan ritual keagamaan di sepanjang sungai.

Diketahui, kelompok agama sering berkumpul di sepanjang Sungai Jukskei, yang melewati kotapraja Alexandra di timur Johannesburg, untuk melakukan pembaptisan dan pembersihan ritual. Juru bicara Layanan Darurat Johannesburg Robert Mulaudzi juga telah memperingatkan warga tentang bahaya melakukan ritual di sepanjang sungai.

"Hujan deras mengguyur kota Johannesburg dalam tiga bulan terakhir, jadi sebagian besar aliran sungai sekarang penuh. Warga kami, terutama jemaat yang biasa melakukan ritual semacam ini, akan tergoda untuk pergi ke aliran sungai ini," kata Mulaudzi, melansir AP, Selasa (6/12/2022).

Pihaknya sudah berpesan, agar berhati-hati saat melakukan ritual di pinggir sungai. Saat ini, otoritas terkait masih mencari korban jemaat gereja Afrika Selatan yang disapu banjir bandang di Sungai Jukskei, Johannesburg. 

Selain 14 korban dinyatakan meninggal, tiga jemaat gereja dilaporkan masih hilang dalam insiden ini. Petugas penyelamatan pun masih melanjutkan pencarian di sepanjang sungai.

Mulaudzi merinci, dua jenazah ditemukan pada Sabtu (3/12/2022). Sedangkan 12 jenazah lain ditemukan pada Minggu (4/12/2022).

Sejumlah jenazah dilaporkan hanyut jauh ke hilir Sungai Jukskei, salah satu sungai terbesar di Johannesburg. Operasi pencarian sendiri sempat terhambat karena hujan lebat. (tim redaksi)

#banjirbandangjohannesburg
#afrikaselatan
#hujanlebat
#curahhujantinggi
#jemaatgereja
#ritualkeagamaandipinggirsungai
#korbantewas
#korbanhilang

Tidak ada komentar