Breaking News

Terdakwa Richard Eliezer Berstatus JC, LPSK Ajukan Surat Permohonan Keringanan Tuntutan ke JPU

Terdakwa pembunuh Brigadir J, Richard Eliezer Pudihang Lumiu. Foto: Istimewa/ Antara

WELFARE.id-Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengajukan surat permohonan keringanan tuntutan untuk terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu kepada pihak Kejaksaan Agung RI. Wakil Ketua LPSK Susilaningtias membenarkan, adanya pengajuan surat permohonan keringanan tuntutan tersebut. 

Pasalnya, hal tersebut sudah tertulis dalam undang-undang yang melindungi saksi dan korban dalam suatu kasus perkara. "Iya, betul. Itu berdasarkan pasal 10 A UU 31 tahun 2014," kata Susilaningtias kepada wartawan, dikutip Selasa (6/12/2022).

Dia mengatakan, surat permohonan telah dilayangkan kepada pihak Kejagung RI sejak 1 Desember 2022. Seperti diketahui, terdakwa Richard Eliezer merupakan tersangka kasus perkara yang juga berstatus Justice Collaborator (JC). 

Maka itu, dia menilai, terdakwa Richard berhak mendapatkan keringanan hukuman yang harus dimuat dalam surat tuntutan jaksa. "JC berhak untuk mendapatkan penghargaan khusus berupa keringanan penjatuhan hukuman. Untuk itu, LPSK mengirimkan surat rekomendasinya kepada JPU yang menangani kasus dimaksud," imbuhnya.

Meski demikian, dia mengatakan pihaknya enggan berandai-andai terkait surat rekomendasi keringanan tuntutan tersebut. Sebab, hingga saat ini proses persidangan masih berlangsung. "Jadi, kita tunggu surat tuntutan JPU nanti gimana," ulasnya. (tim redaksi)

#richardeliezer
#bharadaE
#JPU
#LPSK
#justicecollaborator
#permohonankeringanantuntutan
#persidangankasuspembunuhanbrigadirj

Tidak ada komentar