Breaking News

Temuan Mantra di Kain dan Kemenyan, Muncul Dugaan Budyanto Gunawan Sering Lakukan Ritual Aneh

Rumah TKP sekeluarga tewas di Kalideres. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Pelan namun pasti, tabir misteri kematian sekeluarga di Kalideres, Jakarta Barat makin terkuak. Dari beberapa temuan terbaru, Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi menyampaikan, pihaknya menemukan indikasi satu dari empat korban kerap menggelar ritual tertentu, yaitu oleh Budyanto Gunawan.

"Ada kecenderungan salah satu keluarga yang dominan, yang mengarah kepada almarhum Budiyanto. Bahwa yang bersangkutan memiliki sikap positif terhadap aktivitas ritual tertentu," kata Hengki kepada wartawan, dikutip Kamis (1/12/2022).

Ia menduga, ketiga korban lain terpengaruh dengan ritual yang dijalankan Budyanto. Sehingga, mereka sepertinya mulai mengikuti jejak Budyanto menjalani ritual serupa.

"Hal itu mengakibatkan adanya suatu "believe" dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik atau mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga, dilakukan melalui ritual tertentu," terangnya.

Apalagi, pihaknya juga menemukan barang bukti terbaru di antaranya buku-buku, mantra, hingga kemenyan. "Kami temukan buku-buku lintas agama, serta mantra, dan kemenyan. Oleh karenanya, kami akan mengundang ahli sosiologi agama, untuk melakukan analisa lebih lanjut terhadap tulisan yang ada di dalam buku, serta hubungannya dengan temuan jejak benda-benda di TKP," tutur dia.

Ia juga mengatakan, mantra tersebut tidak hanya ada pada satu kain. Penyidik menemukan sejumlah kain di beberapa lokasi tertulis mantra-mantra.

Dugaan tersebut muncul, berdasarkan hasil koordinasi antara penyidik Tim Asosiasi Psikologi Forensik. "Ada keidentikkan penyelidikan berdasarkan keterangan saksi dan bukti-bukti yang ada di lokasi kejadian," imbuhnya.

Terkait hal ini, Hengki menerangkan tim asosiasi psikologi forensik masih terus mendalami motif psikologi kematian melalui autopsi psikologi. "Scientific crime investigation selalu menjadi acuan atau metode pembuktian utama," ujar dia.

Diketahui pada Kamis 10 November 2022, satu keluarga tersebut ditemukan tewas di dalam sebuah rumah tersebut. Keempat orang yang ditemukan tewas dalam kondisi mengering itu yakni Rudyanto Gunawan (71) dan sang istri bernama Margaretha Gunawan (58), kemudian anak dari keduanya bernama Dian (40) dan yang terakhir yakni Budyanto Gunawan, yakni ipar dari Rudyanto. (tim redaksi)

#sekeluargatewasdikalideres
#dugaanmelakukanritual
#mantradiataskain
#kemenyan
#poldametrojaya
#barangbukti
#bukulintasagama

Tidak ada komentar