Breaking News

Tanpa Sadio Mane Timnas Senegal Tetap Beringas, Pelatih Timnas Inggris: Mereka Kuat!

Selebrasi pemain timnas Senegal saat menjebol gawang timnas Qatar dalam Piala Dunia 2022. Foto: AP Photo

WELFARE.id-Laga 16 besar Piala Dunia 2022 antara tim nasional (timnas) Inggris dan Senegal akan berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, Senin (5/12/2022) dini hari WIB. 

Inggris mesti bisa melewati penghadangan yang akan dilakukan para punggawa Senegal untuk bisa melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 yang tengah digelar di Qatar tersebut. 

Duel antara The Three Lions dan Lions of Teranga itu akan tersaji pada laga ketiga babak 16 besar yang akan menarik untuk ditonton. Timnas Senegal sebenarnya mendapatkan pukulan berat saat berkiprah di Piala Dunia 2022 ini. 

Tim besutan Aliou Cisse itu kehilangan salah satu pemain terbaiknya, Sadio Mane. Pemain terbaik Afrika 2022 dan runner-up Ballon d'Or 2022 itu terpaksa absen memperkuat Senegal dalam laga pertandingan di Qatar 2022 lantaran mengalami cedera. 

Tapi, kondisi ini dinilai menjadi keuntungan tersendiri buat The Three Lions, terutama dalam hal meredam ketajaman lini serang timnas Senegal yang tidak diragukan lagi. 

Meski begitu, pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate menegaskan, absennya Mane ternyata tidak mengurangi kekuatan kampiun tim sepakbola Piala Afrika 2021 tersebut. 

Sepanjang kiprahnya di Piala Dunia 2022, Senegal terbukti mampu tampil cukup apik kendati tidak diperkuat eks penyerang Liverpool tersebut. 

”Sadio adalah pemain luar biasa. Setiap tim tentu mengingingkan kehadiran dia di tim mereka. Namun, dari apa yang saya lihat, mereka tetap mampu tampil begitu kuat tanpa kehadiran Sadio. Mereka menunjukan semangat luar biasa setelah kehilangan Sadio,'' ujar Southgate seperti dilansir Eurosport, Minggu (4/12/2022). 

Karena itu, ujar Southgate, The Three Lions tidak bisa gegabah dalam menilai kemampuan Senegal, meski tanpa kehadiran penyerang andalannya Sadio Mane. 

”Jadi, di level saat ini, absennya Sadio tidak memberikan perbedaan berarti. Kami harus tetap mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk bisa meraih kemenangan di laga 16 besar ini,'' kata Southgate.

Berbeda dari Inggris, yang mengawali kiprah di Piala Dunia 2022 dengan torehan impresif, tepatnya saat membungkam Iran, 6-2, Senegal justru memulai perjalanan di Qatar 2022 dengan kekalahan, 0-2, dari Belanda. 

Namun, pada dua laga pamungkas penyisihan Grup A, Senegal terbukti mampu bangkit dan meraih kemenangan. Setelah berhasil menundukan tuan rumah Qatar, 3-1, dan mengkandaskan perlawanan Ekuador. 

Kalidou Koulibaly dan kawan-kawan itu berhasil memastikan satu tempat di babak 16 besar sebagai runner-up Grup A karena dua kali kemenangannya tersebut.  

Pelatih timnas Inggris Southgate pun mengaku terkesan dengan tren positif penampilan yang ditunjukan Senegal di Piala Dunia 2022 ini.

”Permianan ini tidak hanya soal kemampuan individu, struktur permainan mereka juga terlihat cukup bagus,” terang Southgate juga. 

”Mereka (Senegal) mungkin hanya kurang beruntung saat mengakhiri Piala Dunia 2018, dan di turnamen kali ini (Qatar) mereka layak berada di fase ini. Jadi, kami sadar dengan tantangan berat yang ada di depan kami,'' tandas juga mantan pelatih Middlesbrough ini. (tim redaksi)

#pialadunia
#qatar2022
#timnassenegal
#timnasinggris
#sadiomane
#thethreelions
#lionsofteranga

Tidak ada komentar