Breaking News

Tangani Laporan Masyarakat, Dewan Pers Bentuk Timsus Pengaduan Pemberitaan Pemilu

Logo Dewan Pers. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Pesta demokrasi 5 tahunan atau Pemilu 2024 jadi perhatian besar Dewan Pers. Aksi dukung mendukung pemberitaan menjelang Pemilu 2024 dipastikan akan ramai pada 2023 atau tahun depan. 

Karena itu, Dewan Pers akan membentuk tim khusus untuk menangani pengaduan terkait pemberitaan politik dan Pemilu 2024. 

”Kami akan membentuk tim khusus yang berfungsi menyelesaikan sengketa atau pengaduan pemberitaan seputar pemilu,” Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers pada Dewan Pers, Yadi Hendriana, lewat siaran persnya dikutip Rabu (7/12/2022). 

Pembentukan tim khusus itu agar penyelesaian kasus pengaduan terkait pemilu dapat diselesaikan cepat, sesuai waktu penyelenggaraan Pemilu 2024. 

Karena itu, Yadi mengingatkan para pekerja pers agar selalu meningkatkan profesionalitas dalam menjalankan tugas jurnalistiknya. Caranya dengan konsisten berpedoman pada kode etik jurnalistik. 

Terlebih lagi memasuki tahun politik, lanjut dia, pers semakin dituntut bekerja profesional dan independen. Tanpa sikap profesional dan independen, pers akan kehilangan fungsi dan perannya. 

"Jangan sampai antusiasme kawan-kawan jurnalis memberitakan isu politik tidak lagi mengindahkan fungsinya sebagai insan pers, tetapi menjadi bagian dan partisan dari tim parpol tertentu. Ini harus dihindari," cetus Yadi juga. 

Dia juga mengungkapkan ihwal penindakkan pemberitaan politik dan Pemilu. Selama Oktober 2022, Dewan Pers menegur keras sedikitnya tiga media yang menjalankan kerja jurnalistiknya secara tidak profesional terkait pemberitaan politik. 

Ketiga media itu memuat ulang berita lama yang dikaitkan seolah-olah berita baru. 

”Kami sudah meminta media itu mencabut berita tersebut. Kami minta mereka memberi keterangan di link-nya bahwa berita dicabut karena dinilai oleh Dewan Pers melanggar Kode Etik Jurnalistik (KEJ),” cetusnya juga. 

Yadi juga mengungkapkan, data pengaduan di Dewan Pers setiap bulan menunjukkan peningkatan. Di satu sisi, peningkatan pengaduan ini positif karena kesadaran masyarakat untuk mengadukan keberatan terhadap pemberitaan pers berada pada jalur yang benar, yakni kepada Dewan Pers. 

Namun di sisi lain, peningkatan pengaduan menunjukkan ada yang harus dibenahi dalam kerja pers selama ini, khususnya kompetensi jurnalis dan kepatuhan terhadap KEJ agar tidak merugikan pihak tertentu. (tim redaksi)


#dewanpers
#beritapolitik
#pemilu2024
#tahunpolitik
#kompetensijurnalis
#kodeetikjurnalistik

Tidak ada komentar