Breaking News

Serunya Kreasikan Menu Lezat dan Sehat di Dapur Umami

Keseruan cooking class di Dapur Umami (ist) 

WELFARE.id-Sama halnya dengan seni, memasak juga membutuhkan kreatifitas. Ini agar orang di rumah tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja. Nah, Dapur Umami dari PT Ajinomoto baru saja mengadakan Event Cooking Class dengan Tema: “A Taste of Umami” bagi para cooking enthusiast yang merupakan member ABC Cooking Studio. 

Disini, seluruh cooking enthusiast bisa menambah ilmu dengan mengenal platform Dapur Umami, yang memiliki banyak fitur interaktif seperti Tanya NutriExpert, Jurnal Umami, Tukar Umami Coins, dan yang penting, ada lebih dari 900 resep praktis yang pastinya lezat dan bergizi seimbang. 

Selain tampilan, rasa juga jadi faktor penting sebuah makanan. Makanya, dikesempatan ini, cooking enthusiast juga diajak untuk merasakan langsung perbedaan rasa asin dengan rasa umami melalui sensory test session. "Melalui sensory test session ini, peserta bisa menyeimbangkan rasa asin dengan tidak mengkonsumsi natrium dari garam secara berlebihan . Selain itu, para cooking enthusiast juga dikenalkan dengan kampanye Bijak Garam," ujar Katarina Larasati - Product and Nutrition Manager, PR Department PT Ajinomoto Indonesia, dikutip Senin (5/12/2022). 

Dia menerangkan, selama ini ada empat rasa dasar yang sudah lebih familiar kita ketahui, yakni manis, asin, pahit, asam. "Nah yang terakhir ditemukan adalah rasa umami atau gurih, ditemukan oleh seorang ilmuwan asal Jepang yaitu Dr. Kikunae Ikeda. Dalam sensory test session kali ini sesuai dengan tema acara ‘A Taste of Umami’, teman-teman dapat membedakan kaldu ayam yang lebih terasa gurih serta lezat dengan diberi sedikit MSG, dibandingkan dengan kaldu ayam diberi garam yang hanya terasa asin saja,” ucapnya. 

Kemudian, lanjutnya, terkait dengan kampanye Bijak Garam yang sedang digiatkan oleh Ajinomoto, dia menjelaskan, peran natrium dari garam yang sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh sebagai zat gizi esensial untuk berbagai mekanisme fisioligis seperti memastikan keseimbangan cairan tubuh dan juga berperan dalam mengatur fungsi otot dan syaraf. Namun, jika dikonsumsi berlebihan dapat memunculkan berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, gagal jantung, diabetes, dan lain lain. 

Menurut WHO, anjuran konsumsi aman harian garam adalah kurang dari 5gram. "Nah, kampanye Bijak Garam ini mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi, dengan cara menambahkan sedikit MSG,” lanjutnya. 

Menurut Katarina, faktanya penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga (⅓) dari kandungan natrium pada garam dapur biasa. Hal lain yang juga disinggung pada sesi tersebut adalah aspek keamanan MSG. Sebagai solusi pengurangan garam, MSG hingga saat ini dinyatakan aman oleh Badan Kesehatan Nasional (BPOM) dan dunia, untuk dikonsumsi dengan batas asupan harian: Secukupnya. Isu-isu negative yang selama dikaitkan dengan MSG adalah mitos yang secara ilmiah belum ditemukan bukti keterkaitannya. Jadi cooking enthusiast bisa menerapkan konsep Bijak Garam dengan tanpa kekuatiran. 

Diacara utama, dalam cooking class kali ini adalah mereka membuat Chicken Meatballs & Mushroom Soup. Nah, kalau moms tertarik mengikuti coking class ini juga bisa loh, tapi haru jadi member dapur umami dulu ya. (tim redaksi) 

#cookingclass
#masakmasak
#ajinomoto
#dapurumami
#kreasimasak

Tidak ada komentar