Breaking News

"Serangan" Jutaan Laron di Atas Jembatan Ngrame Mojokerto, Puluhan Pengendara Motor Terjatuh

Laron di jalan raya. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Fenomena langka terjadi di Mojokerto, Jawa Timur. Jutaan hewan sejenis laron atau klaper "menyerang" pengendara kendaraan, Senin (5/12/2022) malam.

Musim hujan dan cuaca yang lembab diduga menjadi penyebab jutaan laron itu "turun ke jalan" di atas Jembatan Ngrame, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto di Jawa Timur. Semakin malam, jutaan hewan klaper semakin memenuhi jalanan atas Jembatan Ngrame. 

Akibatnya, sejumlah pengendara yang melaju kencang terjatuh karena jalan yang licin, akibat minyak yang dikeluarkan oleh klapper ini. Nampak puluhan pengendara yang akan menuju Sidoarjo juga terjatuh karena terganggu kerumunan laron, sehingga mengalami luka ringan.

Klaper atau lalat capung termasuk ke dalam ordo Ephemeroptera. Hewan ini hidup di dasar sungai ketika masih berupa larva. Fase dewasa klaper hanya 2 jam saja. 

Ketika dewasa mereka akan ke permukaan untuk bertelur hingga 3.000 butir per klaper. Telur-telur inilah yang membuat licin jalan.

Para pengendara lain pun terpaksa harus mengendarai kendaraannya dengan pelan dan lambat, karena jalan yang licin dan pandangan terbatas. Tak hanya sepeda motor, kendaraan berat pun mengalami selip karena hewan yang licin ini. 

Untuk melanjutkan perjalanan mereka berjalan pelan dengan kecepatan yang sangat lambat. Sementara itu, untuk membantu pengendara sepeda motor dan kendaraan melintas sejumlah warga dan relawan berjaga di ujung jembatan dari arah Sidoarjo dan sebaliknya. 

Mereka meminta pengendara untuk berjalan pelan dan memilih jalur yang tak ada hewan klapernya. Saiful, seorang relawan, mengatakan, dalam dua jam sebanyak 20 pengendara sepeda motor terjatuh di atas jembatan. (tim redaksi)

#laron
#klaper
#sejenisserangga
#sebabkankecelakaan
#seranganlaron
#pengendaramotor
#jembatanngrame
#jawatimur
#fenomenalangka

Tidak ada komentar