Breaking News

Polri Ungkap Peran Anak dan Istri Ismail Bolong di Perusahaan Tambang Ilegal

Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pipit Rismanto (net)

WELFARE.id-Penyidik dari Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri telah memeriksa istri dan anak Ismail Bolong ihwal kasus dugaan tambang ilegal batu bara di Kalimantan Timur. Pemeriksaan tersebut dilakukan di Gedung Bareskrim Polri Kamis (1/12/202). 

Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pipit Rismanto mengatakan, keduanya diperiksa karena diduga terlibat di kasus yang menyeret Ismail Bolong. Pipit menyebut anak Ismail Bolong merupakan direktur utama di korporasi tambang ilegal tersebut, sementara istrinya yang melakukan transaksi. "Itu kan korporasi, anaknya sebagai Dirut, istrinya yang melakukan transaksi," ujarnya, Jumat (2/12/2022). 

Pipit menegaskan tidak mungkin penyidik memeriksa keduanya jika tidak ada hubungannya dengan kasus tersebut. Pemeriksaan keduanya, lanjut Pipit berjalan lancar dan saling menguatkan. Namun dia tidak merinci keterangan tersebut menguatkan hal apa. "Tidak mungkin penyidik memanggil yang tanpa ada hubungan. Hasilnya (pemeriksaan) lancar-lancar saja dan semua semakin menguatkan satu sama lainnya," ujarnya. 

Pipit menambahkan, awalnya pihaknya akan melaksanakan gelar perkara untuk menetapkan tersangka kasus tambang ilegal ini kemarin. Namun ditunda menjadi hari ini. "Belum dilaksanakan (gelar perkara) tapi akan segera dilakukan hari ini," imbuhnya. 

Ia tak menjelaskan alasan batalnya gelar perkara dilaksanakan kemarin saat ditanya. Ia juga tak merinci siapa saja pihak yang akan mengikuti kegiatan gelar perkara ini. 

Pipit sebelumnya mengatakan, kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur sudah naik ke tahap penyidikan. Polisi masih mendalami kasus ini. 

Untuk diketahui, dugaan tambang ilegal di Kaltim diungkap oleh Ismail Bolong, eks anggota Polres Samarinda. Pengakuan Ismail Bolong dalam video sempat viral. Ismail Bolong sendiri sudah dua kali dipanggil Bareskrim untuk pemeriksaan. Namun Ismail Bolong mangkir pada dua panggilan tersebut dan mengutus keluarga untuk memenuhi panggilan polisi. (tim redaksi) 
 
#ismailbolong
#tambangilegal
#bareskrimpolri
#kaltim
#tambangilegalkaltim

Tidak ada komentar