Breaking News

Polandia Gagal ke Perempat Final Piala Dunia 2022, Dilibas Prancis 3-1

Timnas Prancis melaju ke perempat final Piala Dunia 2022. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Prancis melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah menumbangkan Polandia 3-1 dalam pertandingan babak 16 besar di Al-Thumama Stadium, Minggu (4/12/2022) malam WIB. Kylian Mbappe memborong dua gol dalam pertandingan ini, sementara satu gol lainnya dicetak oleh Olivier Giroud.

Polandia mencetak gol hiburan lewat tendangan penalti Lewandowski. Meski sempat diulang karena kiper Hugo Lloris bergerak lebih dahulu sebelum tendangan dilakukan.

Gol Olivier Giroud ke gawang Polandia pada babak pertama membuat striker itu menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa timnas Prancis dengan 52 gol. Prancis langsung mendominasi permainan sejak menit-menit awal dan sudah menciptakan beberapa peluang dalam 10 menit pertama.

Les Blues menciptakan peluang pada menit ke-13 ketika Aurelien Tchouameni melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang bisa ditepis kiper Polandia Wojciech Szczesny. Polandia membalas dengan sebuah peluang pada menit ke-21. 

Robert Lewandowski merebut bola di depan kotak penalti Prancis dan melepaskan tembakan, namun masih gagal.

Semenit kemudian, Prancis membalas lewat tendangan Jules Kounde dari luar kotak penalti. Sayang arah bola masih mengarah tepat ke pelukan Szczesny.

Polandia bermain lebih baik dibandingkan saat melawan Argentina dengan beberapa kali bisa menyerang tim juara bertahan. Namun, penyelesaian mereka di area lawan masih belum maksimal.

Prancis mendapatkan kans emas pada menit ke-27. Umpan Ousmane Dembele disambar Olivier Giroud di kotak penalti, tetapi  menyamping tipis dari gawang.

Polandia mendapatkan dua peluang pada menit ke-38. Piotr Zielinski melepaskan tembakan keras ke arah gawang usai menerima umpan tarik dari Bartosz Bereszynski. 

Bola muntah kembali disambar Zielinski, tetapi membentur Theo Hernandez. Jakub Kaminski memanfaatkan bola rebound dengan melepaskan tembakan ke gawang, tetapi dihalau Raphael Varane di garis gawang.

Prancis memecahkan kebuntuan pada menit ke-44. Menerima bola dari Mbappe, Giroud melepaskan tembakan dengan kaki kiri yang mengarah ke pojok gawang Szczesny. Skor menjadi 1-0 untuk Prancis.

Gol itu sekaligus menutup babak pertama. Prancis unggul 1-0 atas Polandia.

Prancis  mengambil inisiatif menyerang. Mereka mendapat tendangan bebas di sisi kanan menyusul pelanggaran Bereszynski kepada Ousmane Dembele. 

Griezmann yang mengeksekusinya melepaskan tendangan ke arah gawang, tetapi Szczesny menepisnya. Prancis menggandakan keunggulan pada menit ke-74. 

Berawal dari serangan balik cepat, Mbappe bisa menyelesaikan sodoran Ousmane Dembele menjadi gol lewat sepakan kerasnya ke sudut kiri atas gawang Szczesny. 

Mbappe kembali memperbesar jarak menjadi 3-0 pada menit tambahan. Menerima bola dari Marcus Thuram, penyerang Paris Saint-Germain (PSG) itu kemudian melepaskan tembakan keras dengan kaki kanan. 

Bola mengarah ke pojok atas gawang tanpa bisa dijangkau Szczesny. Polandia mendapatkan gol hiburan pada menit ke-90+6 lewat tendangan penalti menyusul handball Dayot Upamecano. 

Wasit sempat mengecek VAR sebelum memberikan penalti kepada Polandia. Lewandowski maju sebagai eksekutor. 

Tendangan penaltinya sempat digagalkan oleh Hugo Lloris, tetapi wasit meminta untuk mengulanginya karena kiper Prancis bergerak sebelum penalti dilakukan. 

Pada kesempatan keduanya, Lewandowski sukses mengecoh Lloris untuk memperkecil ketertinggalan Polandia menjadi 3-1. Sementara itu, usai mendapatkan kekalahan, kapten timnas Polandia Robert Lewandowski menolak memastikan Piala Dunia 2022 sebagai turnamen besar terakhirnya.

Usianya 38 tahun saat Piala Dunia berikutnya di Amerika Utara pada 2026. Tetapi dia menegaskan masalah di luar kondisi fisiknya lebih mungkin membuatnya mengakhiri karir.

“Secara fisik saya tidak takut kepada hal ini tetapi kita semua menghadapi begitu banyak hal berbeda di luar sepak bola, entah kebahagiaan Anda masih ada atau apa yang bakal terjadi sehingga sulit menjawabnya untuk saat ini,” kata mantan striker Bayern Muench itu usai pertandingan Prancis versus Polandia seperti dikutip Reuters, Senin (5/13/2022).

"Dari sisi olahraga, saya tidak takut tapi ada hal lain yang bisa memutuskan apakah ini yang terakhir atau tidak," sambung Lewandowski.

Meski Polandia tersingkir, Lewandowksi menegaskan Polandia sukses karena berhasil lolos dari fase grup Piala Dunia pertamanya sejak 1986. "Kami ingin tetap berada di Piala Dunia ini tetapi akhirnya kami mencapai tujuan kami," ujar Lewandowski. (tim redaksi)

#prancisvspolandia
#prancismenang
#polandiatersingkirdaripialadunia2022
#pialadunia2022
#pialaduniaqatar
#robertlewandowski

Tidak ada komentar