Breaking News

Plester Jerawat, Efektif atau Malah Bisa Bikin Iritasi?

Menempelkan acne patch untuk menghilangkan jerawat. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Penggunaan acne patch kian meluas, seiring dengan banyaknya terpaan iklan di media sosial. Termasuk juga tren yang berkembang di Korea Selatan.

Adegan pemeran utama drama Korea berjerawat, lantas menempelkan acne patch ke wajah mereka. Penggunaan acne patch dipercaya bisa mengempiskan jerawat di wajah.

Tapi, penggunaan acne patch tak bisa sembarangan. Melansir berbagai sumber, Sabtu (3/12/2022), ada cara tertentu, agar penggunaan acne patch sesuai dan bermanfaat:

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Langkah pertama sebelum menggunakan acne patch yakni dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Pasalnya, wajah yang bersih dari kotoran dan makeup akan lebih efektif bagi acne patch bekerja mengatasi jerawat.

Selain itu, pastikan kamu menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan masalah kulitmu yah.

2. Pakai Serum

Usai mencuci wajah, langkah berikutnya yakni dengan menggunakan serum. Mengaplikasikan serum jerawat berperan mendorong pengempisan jerawat lebih baik.

Disarankan memilih serum yang mengandung salicylic acid karena dapat bekerja efektif dalam mengempiskan dan mengurangi kemerahan akibat jerawat.

3. Cari Ukuran Acne Patch yang Sesuai

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kondisi jerawat, apakah berukuran besar atau kecil. Lalu, sesuaikan ukuran acne patch dengan kondisi jerawat agar produk bisa menutupinya secara sempurna.

4. Pilih Kandungan Acne Patch yang Sesuai Kondisi Wajah

Disarankan juga memilih formula acne patch yang sesuai dengan kondisi wajah ya. Misalnya saja, acne patch dengan kandungan asam salisilat dan niacinamide yang bersifat anti-inflamasi lebih direkomendasikan untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat.

Tak hanya itu saja, ada pula acne patch dengan kandungan zat hydrocolloid yang berperan menyerap cairan, sehingga jerawat jadi cepat kering.

Tapi, kamu juga wajib mempertimbangkan pendapat Dokter Spesialis Kulit lulusan Universitas Indonesia Dr. Margaretha Indah Maharani, SpKK, FINSDV, FAADV ini lho. Dia menjelaskan, bahwa penggunaan plester jerawat alias acne patch tak begitu efektif untuk menyembuhkan jerawat.

Menurutnya, jerawat tidak cukup berkurang usai menggunakan acne patch, sehingga penggunaannya dianggap tidak efektif. "Saya belum baca literatur ilmiahnya. Tapi rasanya manfaatnya tidak banyak,” jelas Rani, melansir antara, Sabtu (3/12/2022).

Kendati demikian, Rani tetap memperbolehkan pasiennya untuk menggunakan acne patch. Sebab, dengan menutup jerawat menggunakan acne patch, mereka pun jadi dapat meminimalisir sentuhan pada jerawatnya.

“Jadi kalau tergoda mau pegang, pakai saja acne patch-nya. Kalau menurut saya jangan berharap sembuh seutuhnya. Tapi akan mengurangi perasaan ingin mencet,” sambungnya.

Jika ingin memakai acne patch, dia mengimbau, agar masyarakat tidak menggunakan acne patch setiap hari dan dalam jangka waktu yang lama. Karena penggunaan yang terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

"Tips dari saya jangan dipakai seharian. Acne patch ini kan lengket, nyabutnya susah. Kalau kita cabut, sebenarnya lapisan atas kulit kita hilang. Besok tempel lagi, hilang lagi. Akhirnya lama-lama lecet, iritasi,” terangnya panjang lebar.

Tapi, jika ingin menutupi jerawat sekali-sekali, dia tidak sepenuhnya melarang. "Kalau sesekali boleh. Buat nutupin jerawat di tempat yang ganggu banget boleh. Tapi perlu diingat kalau bisa menimbulkan efek samping,” tuntasnya. (tim redaksi)

#acnepatch
#plesterjerawat
#penutupjerawat
#iritasi
#efeksamping
#efektivitasmengurangijerawat

Tidak ada komentar