Breaking News

Piala Dunia Qatar Dibayang-bayangi Penularan Virus Unta, Bisa Berujung Kematian!

Flu unta. Foto: ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Perhelatan ajang sepak bola dunia atau Piala Dunia 2022 di Qatar dibayang-bayangi kehadiran virus baru bernama flu unta. Situasi itu tentu saja mendapat sorotan dari organisasi kesehatan dunia (WHO). 

Organisasi ini mengingatkan kepada 1,2 juta penggemar sepakbola yang berkumpul di Qatar untuk mewaspadai flu varian baru ini. Flu unta dianggap sebagai kerabat COVID-19. 

Melansir dari Times Now, Senin (5/12/2022), flu unta, dianggap sebagai penyakit yang bisa membunuh hingga sepertiga dari mereka yang terinfeksi. Flu ini juga dikenal sebagai MERS. 

Menurut pengobatan John Hopkins, MERS pertama kali dilaporkan pada 2012 dan banyak ditemukan di negara-negara Timur Tengah. Seperti Arab Saudi, Yordania, dan Yaman. 

Kemudian, beberapa kasus juga ditemukan di Eropa dan pada orang yang bepergian ke Timur Tengah. Penyakit MERS termasuk menular dan berbahaya untuk pernapasan. 

Peluang tertular penyakit ini karena ada kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Flu ini bukan hanya menginfeksi manusia, tapi juga ditemukan pada unta. 

Dalam banyak kasus, menurut pakar kesehatan, MERS mungkin saja tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun beberapa tanda dapat terlihat dalam 1-2 minggu, setelah terinfeksi virus. 

Gejala umum MERS, bisa berakibat fatal jika tidak ditangani baik pada waktunya, antara lain:

-Demam tinggi
-Panas dingin
-Batuk dan sakit tenggorokan
-Hidung meler dan dingin
-Sesak napas
-Nyeri otot dan persendian
-Mual dan muntah
-Diare.
(tim redaksi)

#mers
#virusbarudiqatar
#fluunta
#serangpernapasan
#sesaknapas
#demamtinggi
#bisamembunuh
#pialadunia2022
#pialaduniaqatar

Tidak ada komentar