Breaking News

Pertandingan Kosta Rika Vs Jerman di Piala Dunia 2022 Bakal Dipimpin Trio Wasit Wanita

Stephanie Frappart asal Prancis akan menjadi wasit utama pada pertandingan Kosta Rika Vs Jerman. Foto: Reuters

WELFARE.id-Sejarah kembali tercipta pada Piala Dunia 2022 ini. Selain pertama kali digelar di tanah Arab yakni Qatar, pertandingan sepakbola tingkat dunia ini juga pertama kali akan dipimpin wasit wanita. 

Laga Piala Dunia 2022 antara Kosta Rika vs Jerman, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB nanti bakal menjadi tonggak sejarah karena akan dipimpin oleh trio wasit yang seluruhnya wanita.

Wasit utama di pertandingan Grup E ini nantinya wanita berasal dari Prancis, Stephanie Frappart. Ini adalah kali pertama seorang wasit wanita mengadili laga Piala Dunia.

Stephanie Frappart tidak bertugas sendiri. Dia akan ditemani koleganya sesama wanita, yang menjadi asisten wasit, yakni Neuza Back (Brasil) dan Karen Diaz (Meksiko). 

Jadi, duel Kosta Rika melawan Jerman akan dipimpin trio wasit wanita. Ini kali pertama terjadi di Piala Dunia pria. Sebelum Piala Dunia 2022 bergulir, Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, menegaskan bahwa mereka dipilih karena keterampilan mereka.

"Mereka dipilih bukan karena mereka wanita, tetapi sebagai wasit FIFA. Mereka bisa memimpin pertandingan apa pun," ujar Collina.

Dia juga mengatakan wasit yang dipilih untuk memimpin pertandingan berdasarkan tingkat kinerja mereka selama sesi latihan dan harus siap untuk memimpin pertandingan apa pun.

Sebelum melakukan debutnya sebagai wasit utama pada laga Kosta Rika vs Jerman, Frappart pernah bertugas sebagai wasit keempat di Piala Dunia 2022 saat pertandingan Polandia vs Meksiko di Grup C (22/11/2022).

Sebagai informasi, pada 2020, Frappart mengukir sejarah dengan menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions.

Lalu pada Maret lalu, wanita kelahiran 14 Desember 1983 ini juga menjadi wasit wanita pertama yang memimpin Kualifikasi Piala Dunia pria. Dia juga memimpin pertandingan di Ligue 1, liga Prancis.

Penunjukan Frappart sebagai wasit utama di Piala Dunia 2022 dapat sambutan positif dari pelatih dan pemain kedua tim.

"Saya pengagum berat segala sesuatu yang telah ditaklukkan wanita dan saya menyukai fakta bahwa mereka ingin terus menaklukkan sesuatu," kata Fernando Suarez, pelatih Timnas Kosta Rika.

Dia juga mengatakan wasit wanit memimpin pertandingan merupakan langkah maju. ”Ini berbicara banyak untuk wanita ini, tentang komitmennya, terutama dalam olahraga yang sangat seksi ini,” terangnya juga. 

”Sangat sulit untuk mencapai titik yang telah dia capai, saya pikir itu bagus untuk sepak bola dan langkah positif untuk sepak bola, untuk menunjukkan bahwa sepak bola terbuka untuk semua orang," papar Suarez juga.

Begitu juga gelandang Kosta Rika, Celso Borges, juga merespons hal tersebut. "Saya pikir ini hebat dan merupakan pencapaian besar bagi wanita secara global," terangnya.

Sedangkan pelatih Timnas Jerman, Hansi Flick, mengaku menaruh kepercayaan 100 persen untuk kepemimpinan Frappart di lapangan.

"Dia pantas berada di sini berdasarkan performanya. Saya harap dia sama-sama menantikan pertandingan seperti kami, dan saya harap dia bisa memberikan performa yang bagus," ucap Flick. (tim redaksi)


#pialadunia
#qatar2022
#wasitwanita
#jerman-kostarika
#sejarah

Tidak ada komentar