Breaking News

Modus Pura-Pura Membantu, Pria Ini Nekat Bobol ATM di Tasikmalaya

Pelaku pembobol ATM (net) 

WELFARE.id-Seorang pria, MA, 44, spesialisasi pembobolan mesin ATM asal Bogor ditangkap polisi saat beraksi di lokasi ATM center Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Dalam aksinya, pelaku mengganjal mesin ATM pakai guntingan plastik mika. Pelaku tak mengetahui kalau lokasi kejahatannya sangat dekat dengan kantor Polsek Cibeureum, Polresta Tasikmalaya. Yakni hanya berjarak sekitar 100 meter. "Iya benar, kami dapat amankan satu orang pelaku percobaan bobol ATM. Kejadiannya tadi pagi jam 07.00 WIB," ujar Kepala Polsek Cibeureum, AKP Yusuf Setyanto dikutip Rabu (7/12/2022). 

Yusuf menjelaskan, pelaku diketahui asal Kampung Mampir Barat, Kelurahan Mampir Kecamatan Cileungsi, Kota Bogor, Jawa Barat. Dia sengaja datang ke Kota Tasikmalaya untuk membobol ATM. 

Korbannya adalah seorang ibu-ibu yang hendak mengambil uang di mesin ATM dan pelaku sengaja berpura-pura hendak membantu padahal akan menguras uangnya. 

Beruntung, ada warga lainnya yang curiga dan menggagalkan aksi pelaku sampai bisa diamankan pihak Kepolisian. "Pelaku mengganjal lubang kartu ATM menggunakan mika plastik. Pelaku masuk bersama rekannya. Setelah lubang kunci diganjal, pelaku kemudian keluar ruang mesin ATM dan menunggu korban. Tak lama berselang datang seorang perempuan ke ATM dan kartunya tertelan dan pelaku berpura-pura membantu padahal akan menguras uang korban," jelasnya. 

Saat pelaku beraksi dan digerebek polisi, satu rekannya langsung kabur memakai motor dan masih dilakukan pengejaran. Petugas pun mengamankan bukti-bukti rekaman kamera pengawas, saksi korban dan saksi lainnya. "Untungnya pelaku belum berhasil mengambil uang dari kartu ATM milik korban karena diketahui oleh saksi Komarudin yang curiga di lokasi kejadian," katanya. 

Setelah diperiksa dan digeledah, polisi pun mendapatkan tiga kartu ATM, sebuah obeng dan senjata tajam jenis badik di tas selempang pelaku. "Yang diamankan satu tersangka inisial MA sementara temannya inisial IR kabur. Dari tas pinggang pelaku MA kami temukan barang bukti yakni satu buah obeng, 3 kartu ATM dan badik," pungkasnya. (tim redaksi) 

#pembobolatm
#tasikmalaya
#polsekcibereum
#spesialisasipembobolatm
#kriminal

Tidak ada komentar