Breaking News

Mau Cantik, Hindari Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Kulit Wajah Jadi Kusam

Ilustasi kulit wajah wanita yang kusam. Foto: net

WELFARE.id-Siapa sih yang tak ingin memiliki kulit cerah dan cantik, terutama kulit wajah. Kaum hawa pasti ingin memiliki kulit wajah yang segar dan terlihat bercahaya. Tapi kadang kulit terlihat kusam karena beberapa faktor. 

Kulit kusam adalah kondisi yang ditandai dengan tampilan wajah yang tampak tidak sehat, kurang bercahaya, dan tidak bersemangat. Kondisi ini menjadi salah satu permasalahan kulit yang paling sering muncul.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Kardiana Purnama Dewi mengatakan bahwa kulit kusam terjadi karena berbagai faktor, seperti salah satunya sering begadang hingga larut malam. 

Tidur yang cukup di malam hari sangatlah penting karena mendukung optimalisasi proses regenerasi sel-sel kulit mati.

"Bagi yang suka bergadang nonton drakor, hati-hati itu bisa bikin kulit kusam. Saat tidur di malam hari kurang, regenerasi kulitnya terhambat," kata dr Kardiana dalam talkshow, Kamis (1/12/2022).

Selain itu, sering terkena paparan sinar matahari secara langsung juga bisa menjadi faktor terbesar kulit menjadi kusam. Kardiana juga menjelaskan, radiasi sinar UV dari matahari bisa dengan cepat wajah menjadi kusam, dimulai dengan kulit yang tampak kering dan dehidrasi lalu meningkat menjadi kusam.

Karena itu, Kardiana mengingatkan pentingnya menggunakan tabir surya setiap hari. Di samping itu, kulit kusam juga bisa disebabkan polusi, misalnya debu.
"Makanya kita itu perlu merawat kulit dengan 
skincare atau perawatan," ujar Kardiana juga.

Bagaimana mengatasi kulit kusam? Kardiana mengatakan minum air yang cukup dapat membantu sel dan jaringan tubuh menjalankan fungsinya dengan baik. Lalu, tidur yang cukup dan olahraga teratur.

Menurutnya juga, olahraga bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah yang secara otomatis suplai oksigen dan nutrisi kulit akan lancar juga. 

Selanjutnya, jangan lupa jaga pola makan sehat.
"Hindari junk food, kurangi asupan gula dan lemak, itu juga kunci bikin kulit nggakkusam," tandasnya juga. (tim redaksi)


#kulitsehat
#kulitkusam
#perawatankulit
#kecantikankulit
#perluperawatan
#skincare
#jauhisinarmatahari

Tidak ada komentar