Breaking News

Liga 1 Kembali Bergulir, Terapkan Sistem Bubble

Tim mabes Polri dan PUPR meninjau stadion yang akan digunakan untuk pertandingan Liga 1 (Foto: instagram) 

WELFARE.id-Pemerintah akhirnya memutuskan Liga 1 musim 2022 boleh bergulir kembali. Liga 1 sempat dihentikan buntut terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. "Pemerintah putuskan kembali gulirkan Liga 1 tanpa penonton," kata Menko Polhukam Mahfud Md di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, dikutip Selasa (6/12/2022). 

Liga 1 diputuskan kembali digulirkan setelah kepolisian mengeluarkan izin. Mabes Polri telah mengeluarkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga. Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa perizinan penyelenggaraan kegiatan olahraga dikeluarkan dari pihak keamanan di level daerah kemudian ke pusat. 

Dalam kaitannya dengan kelanjutan putaran pertama Liga 1 2022/2023, pada Jumat malam (2/12/2022), PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mendapatkan surat rekomendasi dari pihak kepolisian. 

Kompetisi Liga 1 2022/2023 direncanakan dilaksanakan dengan sistem bubble. Digelar di Bantul (Stadion Sultan Agung), Sleman (Stadion Maguwoharjo), Magelang (Stadion M. Soebroto), Solo (Stadion Manahan), dan Semarang (Stadion Jatidiri). 

Kasta teratas kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1 2022-2023, akan melanjutkan rangkaian pekan ke-12 kompetisi hari ini dengan sajian tiga laga. 

Jadwal Liga 1 hari ini, Selasa (6/12/2022) memuat laga pertama pada pukul 15.30 WIB, antara Persebaya Surabaya vs Barito Putera di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta. 

Kemudian, dua pertandingan akan dilaksanakan secara serentak yaitu antara Persis Solo vs RANS Nusantara FC dan Persija Jakarta vs Borneo FC Samarinda, dengan jadwal kickoff pukul 18,30 WIB. 

Sesuai arahan operator liga, PT Liga Indonesia Baru (LIB), ketiga laga yang dimainkan hari ini masih dengan aturan tanpa penonton dan digelar dengan sistem bubble. 

Menyambut kembalinya Liga 1, pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll mengaku tak sabar untuk bertemu dengan Borneo FC Samarinda. 

Persija yang menduduki posisi enam klasemen sementara saat ini terpaut hanya dua poin dari Borneo FC yang berada di posisi ketiga klasemen Liga 1. 

Doll mengakui bahwa kondisi para pemain Persija sudah siap untuk kembali bermain di pertandingan resmi. "Hanya terbersit kesan yang positif. Kami sangat senang liga akhirnya kembali mulai," ujar Doll, dikutip dari laman resmi Liga Indonesia Baru. 

"Para pemain membutuhkan itu (pertandingan). Tidak mudah bagi para pemain karena mereka latihan di setiap pekan tapi tidak memiliki target," kata pelatih asal Jerman tersebut. 

Namun, Doll tidak bisa memainkan beberapa pemain kuncinya seperti Hansamu Yama, Muhammad Ferarri, dan Syahrian Abimanyu yang sedang membela timnas Indonesia. 

Menanggapi situasi ini, Doll mengakui sudah punya solusi yang disiapkan. Namun, sang pelatih menyayangkan kondisi yang dinilai tidak ideal ini. "Kondisi ini pun bukan hal yang bagus untuk para pemain. Saya pikir semua tim mengalami hal yang serupa. Sekarang kami harus bisa menyusun tim terbaik dengan pemain yang ada," pungkasnya. (tim redaksi) 

#liga1
#sepakbola
#sepakbolaindonesia
#pssi
#ligaindonesia

Tidak ada komentar