Breaking News

Layani Umat Masjid Al Istiqamah Sediakan Makan Gratis, Rusdi Muin: Siapapun Boleh Makan

Warga mengantre untuk mendapatkan makan di Masjid Al Istiqomah. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Aksi kepedulian dilakukan pengurus Masjid Al-Istiqamah bersama Samarinda Hijrah Komunitas. Masjid yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari RT 30, Kelurahan T.L.U, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota  Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) itu rutin menggelar  makan gratis setiap Rabu dan Jumat.

Makan gratis itu diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dani, karyawan Toyota Samarinda sangat mengapresiasi pemberian makan gratis di Masjid Al-Istiqamah tersebut. 

”Penyediaan makan gratis ini sangat membantu warga sekitar maupun pengguna kendaraan yang kebetulan melintas di Jalan Antasari. Termasuk saya yang bekerja di sekitar masjid ini,” terangnya.

Pemberian makan gratis bukan hanya diapresiasi warga yang membutuhkan tapi juga banyak masyarakat yang memuji aksi pembagian makan gratis tersebut. Bahkan banyak warga yang mampu tergerak hatinya untuk menyumbang.

Seperti yang  dilakukan Nurbaya, warga Kabupaten Pasir yang kebetulan singgah salat dzuhur  di masjid itu tergerak hatinya untuk menyumbang. ”Alhamdulillah pengurus Masjid Al-Istiqamah sangat luar biasa mampu mengelola tempat ibadah ini dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Seperti  menyediakan makanan bagi warga yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Al-Istiqamah Ustad Elansyah, H.S mengatakan kalau kegiatan pemberian makan gratis bagi warga yang membutuhkan itu  baru berjalan sekitar lima bulan.

”Awalnya kami hanya menyiapkan minum gratis dan perlengkapan bayi, kemudian kami kembangkan dengan program makan gratis setiap hari Rabu dan Jumat. Kegiatan itu kami gelar setelah salat dan  sarapan pagi untuk Jumat,” terangnya.

Dia juga memaparkan kalau penyediaan konsumsi makan gratis bagi warga yang membutuhkan itu dilakukan oleh warga yang tinggal di sekitar masjid. 

”Kami dari DKM Masjid Al Istiqomah hanya menyediakan uang Rp1 juta dan penyediaan makan itu dilakukan oleh warga yang tinggal di tiga RT yang ada di sekitar masjid. Untuk kekurangan biaya penyediaan makanan itu warga yang cukupkan,” ujar Ustad Elansyah juga.

Selain itu, katanya lagi, pihak DKM Masjid Al Istiqamah juga menyiapkan ruang musyafir bagi masyarakat dari luar daerah yang kebetulan tidak punya tempat tinggal. ”Kami siapkan ruang istirahat termasuk kebutuhan konsumsinya,” katanya juga.

Selain itu juga, kata Ustad Elansyah juga, setiap menjelang HUT RI pihaknya juga punya program hapus tatto gratis bagi semua warga Kaltim.

Sementara itu, Ketua Pembangunan Masjid Al Istiqamah Rusdi Muin menambahkan bahwa masjid selain berfungsi sebagai tempat ibadah juga berfungsi sebagai tempat pelayanan umat. 

”Jadi, siapapun boleh makan dan minum di masjid tanpa kecuali.
Masjid ini terbuka 24 jam jadi silakan singgah untuk salat dan istirahat,” ujarnya.

”Kami siapkan kebutuhan jamaah berupa ruangan untuk beristirahat, perlengkapan mandi, makan dan minum termasuk pampers bagi jamaah yang bawa anak,” terang juga pria yang berprofesi sebagai notaris ini.

Selain itu, ujar Rusdi juga, pihak Masjid Al Istiqomah juga menyediakan ambulance bisa dipake secara gratis bagi warga yang membutuhkan. ”Masjid kami juga sudah bekerja sama dengan Puskesmas Sungai Kunjang. Jadi Insya Allah biaya berobat gratis bagi warga yang butuh pengobatan,” tandasnya. (tim redaksi)

#masjidalistiqomah
#makangratis
#kotasamarinda
#kalimantantimur
#kaltim
#peduliumat

Tidak ada komentar