Breaking News

KSAD Tinjau Latihan Militer Ancab di Kukar, Tak Lupa Serahkan Bansos untuk Warga Sekitar

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau langsung latihan puncak Antar Kecabangan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif 611/Awang Long (Awl) di Puslatpur Amborawang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur, Senin (5/12/2022). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau langsung latihan puncak Antar Kecabangan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif 611/Awang Long (Awl) di Puslatpur Amborawang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur, Senin, (5/12/2022). 

Ia didampingi Pangdam VI/Mulawarman (Mlw) Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Brigjen TNI Dendi Suryadi.

Melihat proses pelatihan, Dudung mengaku puas dan bangga. "Dari dinamika dan mekanismenya, kalian telah melaksanakan latihan dengan sangat bagus. Satu menjadi kebanggaan saya, moril kalian sangat tinggi sekali. Manuver kalian lakukan dengan semangat, sehingga sasaran dalam waktu relatif singkat dapat kalian kuasai,” pujinya, dikutip Rabu (7/12/2022).

Ia menambahkan, latihan Ancab Pertempuran (YTP) Yonif 611/Awl yang diikuti 1.552 prajurit serta melibatkan alutsista satuan kecabangan TNI AD seperti 2 Hely Bell 412, 8 Tank Kanon AMX dan 5 APC, 6 pucuk Meriam 105, 6 pucuk Senjata 23mm Zur/Crom, dan 2 satuan tembak Rudal Poprat ini, merupakan latihan puncak dari realisasi Program Latihan Standarisasi (Proglatsi) yang telah dilaksanakan Yonif 611/Awl. 

"Kegiatan ini adalah latihan tahunan, yang tidak serta merta setiap Batalyon bisa melaksanakan karena keterbatasan anggaran. Oleh karenanya kalian bersyukur dapat melaksanakan latihan seperti ini, sehingga kalian tahu bagaimana mekanisme bila terjadi perang konvensional secara terbuka,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan perlunya evaluasi-evaluasi terhadap mekanisme latihan yang telah dilaksanakan sebagai ukuran pencapaian sasaran dari Proglatsi yang selama ini dilaksanakan. Meliputi komando dan pengendalian operasi, kerjasama antar kecabangan serta prosedur mekanisme koordinasi, dan pengendalian bantuan tembakan.

"Hasil latihan ini hendaknya dapat dipertahankan, sehingga TNI AD siap dalam menghadapi kemungkinan ancaman yang terjadi di masa depan,” imbuhnya.

Dalam peninjauannya, selain melaksanakan makan siang bersama prajurit yang terlibat latihan, ia juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat disekitar Puslatpur Amborawang. (tim redaksi)

#TNIAD
#KSAD
#jenderaltnidudungabdurachman
#latihanantarcabangpertempuran
#yonif611AWL
#latihanmiliter
#kukarkaltim

Tidak ada komentar