Breaking News

KLHK: Lelang Pulau Widi Sudah Dibatalkan!

Pulau Widi (net) 

WELFARE.id-Heboh soal Pulau Widi yang akan dilelang di Sotheby's menuai kritikan banyak pihak. Akhirnya, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong menyampaikan, rencana pelelangan Pulau Widi di Provinsi Maluku Utara telah dibatalkan oleh pemerintah. 

Rencana pelelangan itu diduga dilakukan oleh PT Leadership Islands Indonesia (LII) sebagai pemegang izin pengelolaan Kepulauan Widi. Alue mengatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai kementerian terkait telah meminta PT LII untuk membatalkan rencana tersebut. “Kemarin sudah dijawab oleh Menteri KKP, itu sudah dibatalkan. Jadi sudah dibatalkan,” tukasnya dikutip Rabu (7/12/2022). 

Sebelumnya, KKP menegaskan hingga saat ini PT LII juga belum melengkapi dokumen izin Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL) yang menjadi kewajiban setiap pelaku usaha yang melakukan pemanfaatan pulau-pulau kecil di luar kawasan hutan atau areal lainnya dan pemanfaatan perairan sekitarnya dalam rangka penanaman modal asing (PMA). 

"Berdasarkan data kami, sebagaimana dikemukakan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Victor Gustaaf Manoppo, pemanfaatan perairan Kepulauan Widi belum dilengkapi dengan izin PKKPRL," kata Wahyu Muryadi, Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik KKP dalam pernyataan tertulis. 

Hal senada juga diungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Secara tegas, Uno membantah adanya penjualan Kepulauan Widi di Halmahera Selatan, Maluku Utara tersebut. 

Sandiaga Uno menegaskan bahwa Kepulauan Widi sampai saat ini masih milik Indonesia dan tidak untuk dijual. 

Lebih lanjut, Sandiaga Uno kemudian menjelaskan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah informasi yang salah. Namun, untuk informasi Kepulauan Widi dikelola oleh perusahaan swasta itu benar adanya. 

Ia menyebut bahwa pengelolaan tersebut terjadi karena adanya pihak kerja sama dari pemerintah daerah dengan pihak swasta yang berbasis di Bali. "Kerja sama tersebut diperuntukkan untuk pengembangan investasi dan akomodasi. Hal itulah yang ditawarkan kepada para investor, bukan untuk dijual secara bebas seperti informasi yang beredar baru-baru ini," tukasnya. 

Uno juga menjelaskan, semua tanah di Kepulauan Widi adalah milik bangsa. Oleh karenanya, pemerintah tidak akan menjual Kepulauan tersebut begitu saja. Bahkan, apabila investor mengelola dan bekerja sama, Kepulauan Widi masih milik Indonesia. 

Sebelumnya, beredar kabar mengenai pelelangan Kepulauan Widi pada situs lelang asing Sotheby’s Concierge Auctions yang berbasis di New York, Amerika Serikat. Lelang ini digagas Widi Reserve, lembaga perlindungan cagar alam yang berbasis pada zona perlindungan laut di kawasan "Segitiga Karang" di Indonesia Timur. 

Dalam situs casothebys.com lembaga ini menyebutkan lelang lebih dari 100 pulau di Indonesia itu akan berlangsung di Sotheby’s Concierge Auctions yang berlangsung di New York pada 8-14 Desember. (tim redaksi) 

#pulauwidi
#pulauwididijual
#pulauwididilelang
#sothebys
#pulaudijual
#klhk

Tidak ada komentar