Breaking News

Jaga Keamanan dan Kenyamanan, 200 Personel Pantau Tempat Wisata saat Nataru 2023

Suasana Pantai Anyer yang eksotik di Provinsi Banten. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Guna menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten menyiapkan tim siaga pariwisata untuk memantau tempat wisata selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Terutama tempat wisata pantai.

Kepala Dispar Provinsi Banten, Al Hamidi mengatakan tim siaga pariwisata terdiri atas 200 orang yang meliputi petugas Dispar, kepolisian, Balawisata, dan perwakilan masyarakat.

Menurutnya juga, anggota tim siaga pariwisata itu akan ditempatkan di objek wisata seperti Pantai Anyer, Pantai Cinangka, dan Pantai Carita.

”Tugasnya untuk mengawasi kegiatan wisatawan, mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, agar segera dilaporkan dan ditindaklanjuti," ujarnya, Rabu (21/12/2022).

Al Hamidi juga mengatakan Dispar Banten bakal berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengawasi penerapan tarif jasa usaha pariwisata. Langkah itu guna memastikan pelaku usaha tidak menaikkan tarif secara tidak wajar semasa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Setiap rumah makan atau restoran wajib mencantumkan harga menu makanan supaya bisa diketahui oleh konsumen. Kalau ada temuan yang mematok harga tidak wajar, kami siap memberikan sanksi," paparnya juga.  

Dia juga mengatakan tingkat hunian hotel di wilayah Provinsi Banten saat ini rata-rata sekitar 50-70 persen. Diperkirakan, tingkat okupansi bisa meningkat menjadi 100 persen selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

"Untuk hotel masing-masing akan menyajikan hiburan-hiburan untuk menyambut tamunya. Kami sudah mengkoordinasikan itu kepada pengelola," papar Al Hamidi juga. (tim redaksi)

#wisata
#wisatawan
#pemprovbanten
#disparbanten
#wisatapantai
#provinsibanten

Tidak ada komentar