Breaking News

Innovation Heroes, Cara Indonesia Forum Apresiasi Kontribusi Inovator untuk Negara

Ketua Yayasan Indonesia Forum Bambang Brodjonegoro saat konferensi pers Inovation Heroes (ist) 

WELFARE.id-Jika ingin usahanya maju,  ada hal yang tidak bisa Anda lewatkan untuk bertahan, yakni inovasi. Saat berdiam diri, terlalu nyaman, dan tak melakukan inovasi di saat itulah hadir masalah. Inovasi tidak melulu tentang hal yang masih atau game changer tetapi bisa juga dilihat dari serangkaian improvement dan itu bisa didapatkan lewat inovasi.  

Menghargai pentingnya inovasi, Indonesia Forum menggelar program Innovation Heroes bagi para inovator Tanah Air yang berhasil menyelesaikan masalah dan berkontribusi positif untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Ajang penghargaan ini diharapkan dapat mengangkat para talenta inovator bangsa ke permukaan. 

Ketua Yayasan Indonesia Forum Bambang Brodjonegoro mengatakan, penyelenggaraan Innovation Heroes didasarkan pada semangat inklusivitas. Inovasi bukan hanya milik mereka yang ada di kampus, laboratorium, atau tim riset dan pengembangan. 

"Siapa pun kita, apa pun latar belakangnya, apa pun profesinya, di mana pun hidup dan bekerjanya, selama memiliki keinginan untuk menjadi bagian dari solusi negeri ini, bisa berinovasi," kata Bambang di Jakarta, dikutip Rabu (21/12/2022). 

Inklusivitas ini tercermin dari ratusan kandidat yang dinominasikan atau menominasikan diri. Mereka berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dari mahasiswa hingga profesor. Kemudian ibu rumah tangga hingga pimpinan perusahaan besar serta dari aktivis sosial hingga pengusaha sukses. 

Para nominator lalu diseleksi secara ketat dan bertahap sesuai kriteria yang telah ditentukan. Mereka mengirimkan informasi detail tentang inovasi yang telah dilakukan, baik berupa tulisan maupun video. "Bagi yang terpilih, kami lakukan cross check dan validasi. Di akhir proses kami memutuskan untuk menetapkan 15 nominator penerima penghargaan Innovation Heroes 2023," tukasnya. 

Kriteria atau ukuran yang digunakan untuk menyeleksi kandidat didasarkan tingkat urgensi dari masalah yang dipilih, ketepatan solusi yang dijalankan, tingkat inovasi dari solusinya, serta keberlanjutan dan skalabilitas inovasinya. 

Selain itu, inovasi yang diajukan telah terbukti memberikan dampak positif di bidangnya masing-masing dan berhubungan dengan minimal salah satu dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan yakni Tanpa Kemiskinan; Tanpa Kelaparan; Kehidupan Sehat dan Sejahtera; Pendidikan Berkualitas; Kesetaraan Gender; Air Bersih dan Sanitasi Layak; Energi Bersih dan Terjangkau; Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; Industri. 

Termasuk Inovasi dan Infrastruktur; Berkurangnya Kesenjangan; Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; Penanganan Perubahan Iklim; Ekosistem Lautan; Ekosistem Daratan; Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh; dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. 

CEO dan Co-founder CIAS mengatakan, Innovation Heroes diselenggarakan berdasarkan keprihatinan terhadap Indeks Inovasi Global tahun ini (Global Innovation Index 2022), di mana Indonesia menempati urutan ke-75. Meski ada peningkatan dari tahun sebelumnya (urutan 87 di 2021), posisi Indonesia masih jauh di bawah Malaysia di urutan 36, Thailand di urutan 43, bahkan Vietnam di urutan 48. 

"Padahal kami meyakini Indonesia memiliki talenta-talenta inovator yang tak kalah hebat. Hanya mereka tidak terlihat, mereka tenggelam dalam kerumunan," tambahnya. 

Selain memberikan apresiasi dan pengakuan kepada para inovator, ajang ini juga diharapkan menginspirasi putra-putri bangsa lainnya untuk turut melakukan inovasi dalam rangka menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa, khususnya terkait 17 tema SDGs."Inovasi adalah sebuah upaya untuk memecahkan masalah dengan cara yang baru atau berbeda. Ketika solusi yang dihadirkan terbukti mampu menyelesaikan masalah hingga kemudian diadopsi oleh banyak orang, maka dia telah melakukan inovasi," tambahnya 

Malam inagurasi Innovation Heroes yang mengusung semangat “Semua Bisa Berinovasi” ini akan digelar pada Januari 2023. Sebanyak 15 nominator akan mendapatkan penghargaan Innovation Heroes. 

Para heroes atau penerima penghargaan akan mendapatkan coaching berkelanjutan dari CIAS dan mentoring dari para pengusaha dan tokoh nasional. Mereka juga akan masuk dalam jejaring Indonesia Forum. Program lanjutan ini untuk mendorong dan memfasilitasi para inovator untuk membawa inovasinya ke tingkatan yang lebih tinggi dan memberikan manfaat yang lebih luas. (tim redaksi) 

#inovasi
#innovationheroes
#cias
#indonesiaforum
#sdgs
#semuabisaberinovasi

Tidak ada komentar