Breaking News

Ini Tujuh Cara Menjaga Kesehatan saat Liburan Akhir Tahun

Ilustrasi wisata akhir tahun bersama keluarga. Foto: net

WELFARE.id-Libur akhir Tahun Baru 2023 menjadi momen yang selalu ditunggu. Akhir tahun menjadi kesempatan bagi sebagian besar masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga dan menikmati kebersamaan menjelang pergantian tahun.

Selain itu, musim libur ini juga sering kali dimanfaatkan sebagian orang untuk pergi berlibur bersama keluarga atau pun teman. Dengan berkunjung ke tempat wisata atau menikmati staycation yang hangat dan menyenangkan. 

Tentu ini menjadi momen yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Meskipun begitu, Anda perlu menjaga kesehatan dengan baik selama menikmati waktu liburan. 

Terlebih lagi, dengan banyaknya acara dan perkumpulan yang akan didatangi, di mana banyak hidangan makanan yang lezat dan menggugah selera, pastinya menjadi tantangan tersendiri bagi Anda untuk mengontrol makan dengan benar.

Jika menuruti nafsu makan yang berlebihan, tentu ini akan berdampak pada berat badan dan kondisi kesehatan Anda di kemudian hari. Bukan hanya kontrol makanan, terdapat beberapa cara menjaga kesehatan saat musim libur yang perlu Anda lakukan. 

Cara menjaga kesehatan saat musim libur yang pertama: 

1. Vaksinasi COVID-19. 
Ini menjadi hal penting yang harus didapatkan saat ingin menikmati masa libur di tengah pandemi. 
Terutama bagi Anda yang ingin berkumpul dengan keluarga dan teman, atau ingin pergi ke tempat wisata untuk berlibur. 

Dengan mendapatkan vaksin, Anda bisa terlindungi dari serangan virus corona yang saat ini masih menjadi ancaman kesehatan besar di masyarakat.

2. Sering cuci tangan
Selain mendapatkan vaksinasi, cara menjaga kesehatan saat musim libur berikutnya adalah dengan sering mencuci tangan. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Anda juga perlu mencuci tangan saat tiba di rumah selesai bepergian. 

Rutin mencuci tangan, dapat membantu mencegah infeksi virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Dengan begitu, kesehatan dapat lebih terjaga selama musim liburan.

3. Gunakan masker
Cara menjaga kesehatan saat musim libur di tengah pandemi selanjutnya adalah menggunakan masker. Pastikan, Anda tertib menggunakan masker saat berada di luar rumah, bepergian, atau berkumpul bersama teman maupun keluarga. 

Ini menjadi hal penting yang harus terus diterapkan selama pandemi berlangsung. Selain itu, jaga jarak dari keramaian untuk menurunkan risiko tertularnya virus dan berbagai pemicu penyakit.

4. Screening kesehatan
Cara menjaga kesehatan saat musim liburan di tengah pandemi yang tak kalah penting adalah melakukan pemeriksaan kesehatan. Terutama bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan, pemeriksaan kesehatan kini menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi. 

Pastikan Anda mendapatkan pemeriksaan beberapa hari sesuai aturan minimal sebelum keberangkatan. Dengan begitu, proses perjalanan Anda akan lebih mudah, lancar, dan aman.

5. Perhatikan Asupan Gizi 
Cara menjaga kesehatan saat musim libur berikutnya adalah makan dengan santai dan perlahan. Saat Anda menghadiri acara keluarga atau berkumpul bersama teman, berbagai hidangan makanan lezat memang selalu menggugah nafsu makan. 

Namun, pastikan Anda menerapkan kebiasaan makan yang baik dan benar. Hindari makan dengan terburu-buru, makanlah dengan santai dan perlahan. Ini dapat membantu sistem pencernaan bekerja mengolah makanan dengan baik dan lebih sehat.

6. Kontrol porsi makan
Selain makan secara perlahan, berikutnya Anda harus mengontrol porsi makan dengan cukup dan tidak berlebihan. Makan secara berlebihan hanya akan membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman. 

Ini juga dapat berpengaruh pada orang yang memiliki gangguan maag atau asam lambung. 

7. Tidur yang Cukup 
Cara menjaga kesehatan saat musim libur yang terakhir adalah dapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Hindari kebiasaan tidur larut malam atau begadang. Usahakan untuk segera tidur pada jam yang telah ditentukan saat malam hari. 

Sebaiknya hindari makan malam mendekati jam tidur, supaya sistem pencernaan lebih nyaman dan tidak mengganggu tidur Anda. Selain itu, melakukan kegiatan-kegiatan yang santai dan menenangkan juga bisa membantu Anda mendapatkan tidur lebih cepat. Seperti membaca, melakukan latihan peregangan atau yoga, hingga membersihkan kamar tidur. (tim redaksi)


#kesehatan
#liburan
#liburanakhirtahun
#protokolkesehatan
#prokes
#jagaporsimakan
#tiduryangcukup

Tidak ada komentar