Breaking News

Ini Enam Gejala COVID-19 BN.1, Mulai dari Nyeri Otot hingga Demam

Ilustrasi penderita virus Corona BN.1. Foto: net

WELFARE.id-Virus Corona terus bermutasi. Virus COVID-19 yang disebabkan oleh subvarian Omicron BN.1 telah ditemukan di Indonesia. Anda perlu mewaspadai gejala COVID-19 BN.1 tersebut. 

Selain di Indonesia, subvarian virus Corona ini juga telah ditemukan di sejumlah negara lain, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan India.

Pada dasarnya, gejala yang ditimbulkan oleh subvarian ini sama dengan varian Omicron pada umumnya. Gejala yang ditimbulkan juga cenderung ringan.

Salah satu yang paling kentara adalah nyeri otot. Rasa nyeri ini bisa dirasakan di sekujur tubuh dengan sensasi seperti ditusuk-tusuk.

Berikut beberapa gejala virus COVID-19 BN.1 yang perlu diwaspadai:

1. Nyeri Otot
Nyeri otot tampaknya mendominasi gejala yang dikeluhkan pasien COVID-19, termasuk di antaranya BN.1. Nyeri otot akan terasa seperti tubuh yang ditusuk-tusuk. Rasa nyeri ini menandakan peradangan yang mulai terjadi di dalam tubuh.

2. Sakit Tenggorokan
Banyak hal yang bisa memicu sakit tenggorokan. Salah satunya adalah infeksi SARS-CoV-2. Sakit tenggorokan biasanya diiringi dengan kesulitan menelan dan rasa gatal. Dalam beberapa kasus, sakit tenggorokan juga muncul bersamaan dengan batuk kering.

3. Batuk Pilek
Batuk jadi salah satu gejala khas dari infeksi yang menyerang saluran pernapasan seperti COVID-19 dan flu. Untuk itu, Anda perlu tahu cara membedakan batuk karena flu dan COVID-19. Salah satunya bisa dilihat dari karakter batuk yang muncul. Pada Covid-19, batuk biasanya bersifat kering tanpa adanya dahak atau lendir.

4. Badan Lemas
Selayaknya penyakit lainnya, COVID-19 juga akan membuat badan terasa lemas. Kondisi ini terjadi karena energi tubuh dihabiskan untuk melawan virus.

5. Sakit Kepala
Sakit kepala biasanya datang satu paket bersama dengan gejala lain akibat virus. Biasanya, sakit kepala yang disebabkan COVID-19 muncul dengan sensasi berdenyut.

6. Demam
Setiap jenis infeksi umumnya akan menyebabkan demam. Suhu tubuh yang meningkat jadi salah satu tanda bahwa sistem imun tengah berjuang melawan virus. Anda perlu waspada jika suhu tubuh melebihi 37,5 derajat celcius.

Di atas adalah beberapa gejala COVID-19 BN.1 yang perlu diwaspadai. Bagi Anda yang terasa gejala itu segera lakukan pemeriksaan dengan swab antigen atau PCR untuk memastikan infeksi virus Corona atau bukan. (tim redaksi)


#viruscorona
#covid-19
#penularan
#varianbaru
#bn.1
#omicron
#tandapenderita

Tidak ada komentar