Breaking News

Giliran PepsiCo Berencana PHK Ratusan Karyawan

Produk PepsiCo. Foto: Ilustrasi/ AP Photo

WELFARE.id-Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) masih menghiasi headline pemberitaan di berbagai belahan dunia. Sejumlah perusahaan raksasa mulai mengambil keputusan mem-PHK karyawan mereka.

Kali ini giliran PepsiCo yang berencana memangkas ratusan pekerjaan perusahaan di Amerika Utara. Melansir Wall Street Journal, Kamis (8/12/2022), PHK akan mempengaruhi karyawan bisnis makanan dan minuman di Chicago serta Plano di Texas dan Purchase di New York.

Unit minuman perusahaan itu diperkirakan akan lebih terpukul oleh pemotongan karyawan, karena unit bisnis makanan ringan telah menyusutkan tenaga kerjanya melalui program pensiun sukarela, sebelumnya. Namun, belum ada tanggapan resmi dari perusahaan mengenai isu yang berkembang saat ini.

Sebatas informasi, Pepsi mempekerjakan 309.000 orang di seluruh dunia. Dengan lebih dari 40% dari pekerjaan tersebut berlokasi di Amerika Serikat (AS).

Pada Oktober, PepsiCo menaikkan perkiraan pendapatan setahun penuh setelah harga yang lebih tinggi mendorong penjualannya. Namun, beberapa unit bisnisnya termasuk Frito-Lay di Amerika Utara melaporkan volume yang menyusut.

Itu menjadi sebuah pertanda, bahwa konsumen mengurangi jajan mereka untuk mengatur anggaran dengan lebih baik. Bahkan, dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan di sektor teknologi dan media telah memberhentikan pekerjanya untuk memangkas biaya karena ketidakpastian ekonomi menekan bisnis mereka. 

Beberapa perusahaan makanan dan minuman juga telah melakukan pemutusan hubungan kerja. Di antaranya Beyond Meat, Impossible Foods, bahkan rival utama PepsiCo yakni Coca-Cola.

Untuk diketahui, portofolio PepsiCo meliputi minuman Gatorade, makanan ringan Frito-Lay, dan makanan Quaker Oats. (tim redaksi)

#pepsico
#rencanaPHKpepsico
#pepsi
#minumanbersoda
#perusahaanmakanandanminuman
#PHK
#pemutusanhubungankerja
#ketidakpastianekonomi

Tidak ada komentar