Breaking News

Erupsi Gunung Semeru, Waspada Awan Panas Guguran Meluncur Hingga 17 Kilometer

Lokasi Gunung Semeru erupsi pada Minggu (4/12/2022). Foto: Tangkapan layar Magma Indonesia.

WELFARE.id-Gunung Semeru masih terus mengalami erupsi sejak beberapa hari lalu. Awan panas dan lontaran krikil terus meletus dari gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

Bahkan pada Minggu pagi (4/12/2022), visual Awan Panas Guguran (APG) terlihat jelas dengan dengan jarak luncur hingga 17 kilometer (km) jauhnya dari kawah gunung berapi yang ada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah tersebut.

Petugas Pemantauan Gunung Api (PGA) Semeru, Mukdas Sofian mengatakan kalau APG masih berlangsung hingga laporan resmi ditulis pada Minggu (4/12/2022) pukul 06.00 WIB. 

Akibatnya, asap kawah gunung tidak bisa teramati dengan baik. "Namun gunung api terlihat jelas," jelas Mukdas. Di sisi lain, gunung dengan ketinggian 3.676 mdpl ini mengalami delapan kali gempa letusan/erupsi. 

Adapun amplitudonya 18 hingga 22 milimeter (mm) dan lama gempa 65 sampai 120 detik. Kemudian juga tercatat satu kali gempa APG dengan amplitudo 35 mm.
Saat ini tingkat aktivitas Gunung Api Semeru masih berada pada level III atau siaga. 

Karena itu, masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang kawasan Besuk Kobokan sejauh 13 km dari puncak Gunug Semeru atau pusat erupsi. 

Di luar jarak tersebut, masyarakat juga diimbau tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter (m) dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan. Hal ini karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Mukdas juga meminta masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru. Pasalnya, area tersebut rawan terhadap bahaya lontaran batu atau pijar yang berasal dari kawah.

Selain itu, warga dimintamewaspadai potensi APG, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru. 

Hal ini terutama di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat. ”Masyarakat juga diminta mewaspadai potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan," tandasnya juga. (tim redaksi)

#erupsi
#gunungsemeru
#semburkanlavapijar
#awanpanasguguran
#besukkobokan
#potensilaharpanas
#jawatimur

Tidak ada komentar