Breaking News

Dukung Aksi Demonstasi, Aktris Pemenang Oscar Asal Iran Ditahan

Taraneh Alidoosti, aktris asal Iran yang juga bintang film pemenang Oscar, The Salesman, ditahan pada Sabtu (17/12/2022). Foto: AFP

WELFARE.id-Tindakan refresif dilakukan aparat keamanan Iran baik terhadap pendemo maupun pendukung demonstrasi yang sudah terjadi di negara itu sejak dua bulan lalu. 

Kali ini, giliran Taraneh Alidoosti, aktris kenamaan Iran yang juga bintang film pemenang Oscar berjudul The Salesman, ditahan pada Sabtu (17/12/2022) karena mendukung gerakan demonstrasi besar-besaran di negaranya.

Kantor berita pemerintah Iran, Tasnim, mengumumkan bahwa Alidoosti ditahan karena "mempublikasikan konten salah dan keliru, dan memicu kericuhan."

Alidoosti ditahan setelah pada 8 Desember  2022 lalu, ia mengunggah foto berisi tulisan melalui akun Instagram pribadinya.

"Kalian diam berarti mendukung opresi dan pihak yang melakukan opresi," demikian bunyi tulisan itu, seperti dikutip AFP.

Di bagian keterangan foto, ia menuliskan, "Semua organisasi internasional yang melihat pertumpahan darah ini dan tak mengambil tindakan merupakan penghinaan terhadap kemanusiaan."

Suara Alidoosti dianggap bakal sangat berpengaruh karena ia merupakan tokoh besar di dunia perfilman Iran sejak masih remaja.

Terbaru, Alidoosti membintangi film bertajuk Leila's Brother yang ditayangkan di ajang bergengsi, Festival Film Cannes di Prancis.

Di sela kesibukannya, Alidoosti menyuarakan dukungan untuk demonstrasi di Iran. Gelombang unjuk rasa ini sendiri dipicu kematian seorang perempuan, Mahsa Amini, dalam tahanan polisi moral.

Di hari kematian Amini, Alidoosti sendiri mengunggah foto berisi pesan teks di Instagram yang bertuliskan, "Sebuah kutukan untuk tahanan ini."

Pada bagian keterangan foto, Alidoosti menuliskan, "Jangan lupa apa yang dilalui perempuan Iran". Dia pun meminta para warga untuk "menyebut namanya (Amini). Sebarkan tentang dia."

Para demonstran sendiri tak hanya memprotes kematian Amini. Mereka menyuarakan penolakan atas aturan-aturan yang mengekang perempuan di negara penganut Syiah tersbut.

Seruan mereka juga meluas hingga menuntut keadilan, transparansi, hingga isu-isu kebebasan berekspresi untuk kaum perempuan di negara tersebut.

Mengikuti gelombang protes itu, Alidoosti pun sempat mengunggah foto dirinya tak memakai hijab sembari memegang kertas bertuliskan "Perempuan, hidup, kebebasan" pada 9 November 2022 lalu. (tim redaksi)


#iran
#aksiprotes
#pengekanganperempuan
#penangkapan
#artisperaihoscar
#taranehalidoosti
#thesalesman

Tidak ada komentar