Breaking News

Bus Masuk Jurang di Magetan, 7 Orang Tewas

Proses evakuasi bus masuk jurang di Magetan (dok polres Magetan) 

WELFARE.id-Sebuah bus pariwisata masuk jurang di Magetan, Jawa Timur pada Minggu (4/12/2022). Kecelakaan maut tersebut menewaskan tujuh orang dan membuat puluhan orang luka-luka. 

Bus pariwisata PO Semeru Putra Transindo dengan nomor polisi H 1470 AG itu masuk ke dalam jurang sekitar pukul 11.15 WIB. Bus berangkat dari Semarang Barat menuju Telaga Sarangan Magetan. 

Bus tersebut mengangkut rombongan satu RT asal Kelurahan Manyaran, Semarang Barat. Rencananya, mereka akan pergi berwisata. Penumpang dalam rombongan tersebut di antaranya adalah warga RT 5 RW 2 Kelurahan Manyaran, Semarang. "Mereka ini rombongan satu RT dari Semarang. Mau wisata ke Telaga Sarangan," ungkap Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan, dikutip Selasa (6/12/2022). 

Bambang, salah satu penumpang di dalam bus tersebut menceritakan awal mula kecelakaan. Ia mengatakan, bus mendadak hilang kendali saat berada di tikungan menanjak. "Panik banyak yang teriak. Rem blong-rem blong. Ada juga yang teriak 'Allahu Akbar'," tukasnya 

Bambang mengaku, dia duduk di bangku nomor tiga dari depan sebelah kiri. Dia menambahkan jika semua penumpang panik. "Saya tidak tidur saat kejadian, semua panik," lanjutnya. 

Ia mengatakan jika dirinya bersyukur masih selamat, meskipun kakinya patah. "Alhamdulillah masih selamat," tambahnya. 

Berikut adalah identitas korban tewas kecelakaan bus di Magetan. 

1. Sutarjo, 56 Th, Laki-laki, Kelurahan Manyaran RT 05 RW 02 Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang 

2. Witri Suci, 27 Th, Perempuan, Swasta, Kelurahan Manyaran RT 05 RW 02 Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang 

3. Kabul, 62 Th, Laki-laki, Swasta, Kelurahan Manyaran RT 05 RW 02 Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang 

4. Wachid, 58 Th, Laki-laki, Swasta, Kelurahan Manyaran RT 11 RW 01 Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang 

5. Sukini, 58 Th, Perempuan, Swasta, Kelurahan Manyaran RT 05 RW 02 Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang 

6  Sumiati, 60, Perempuan, Swasta, Kelurahan Manyaran RT 05 RW 02 Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang 

7. Mochammad Barliyan, 52 Th, Laki-laki, Swasta, KP. Pejaringan 152 RT 4 RW 1 Kemijen, Kota Semarang (sopir bus). 

Terbaru, ada beberapa temuan polisi yang bisa dijadikan bahan analisis untuk menguak penyebab pasti kecelakaan maut tersebut. "Ada temuan menonjol sebelum terjadinya kecelakaan," jelas Kasubdit Laka Ditgakkum Korlantas Kombes Hotman Sirait, Selasa (6/12/2022). 

Hotman mengungkapkan temuan menonjol tersebut. Berdasar keterangan para penumpang, bus tersebut sempat terlibat kecelakaan dengan kendaraan lain sebelum masuk jurang. "Ada temuan kejadian menonjol dialami bus sekitar 1 km sebelum lokasi (masuk jurang). Bus menabrak kendaraan di depannya, tapi sudah damai," ungkap Hotman. 

Selain itu, ada fakta lain yang menandakan kondisi bus sebenarnya tidak prima untuk melakukan perjalanan. Penumpang yang berada di belakang mencium bau menyengat. Bus kemudian berhenti karena hal itu. "Kendaraan juga sempat berhenti karena penumpang mencium aroma gosong bekas pengereman," tandasnya. (tim redaksi) 

#kecelakaan
#busmasukjurang
#busmasukjurangdimagetan
#magetan
#buspariwisata
#polresmagetan

Tidak ada komentar