Breaking News

Anda Merasa Mudah Stres? Ini Enam Cara untuk Tingkatkan Kesehatan Mental

Ilustrasi banyaknya persoalan hidup yang membuat Anda mudah stress. Foto: net

WELFARE.id-Banyaknya persoalan hidup membuat banyak orang mudah stres. Apalagi di zaman serba digital seperti ini Selain masalah ekononim, pandemi COVID-19, inflasi, politik dan perpecahan sosial menambah suasana hati menjadi buruk dan berdampak mudah stres. 

Dilansir dari inverse, jika Anda merasa kesehatan mental Anda berubah, Anda harus berbicara dengan penyedia medis terkait masalah yang dihadapi. Terapi dan pengobatan dapat bermanfaat bagi sebagian orang. 

Namun, intervensi kesehatan mental lainnya juga dapat meringankan beban kognitif Anda. Berikut tujuh cara untuk meningkatkan kesehatan mental yaitu:

1. Ekspresikan Kekesalan
Saat mengalami kesehatan mental yang buruk, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menemukan cara untuk mengekspresikan apa yang Anda rasakan dengan cara yang sehat. Anda dapat melakukan ini dengan berbagai cara seperti terapi, berbicara dengan teman atau menulis jurnal.

2. Lakukan Aktivitas Positif
Sibukkan diri Anda dengan aktivitas yang positif untuk mengurangi stres.

3. Luangkan Waktu di Alam Terbuka
Berada di luar ruangan membantu dapat merevitalisasi perasaan secara psikologis dan fisik. Bahkan waktu yang singkat di luar ruangan dapat meningkatkan kesejahteraan. Mendengar suara air yang mengalir dan burung dapat meningkatkan suasana hati, menurunkan stres dan meningkatkan kinerja kognitif.

4. Istirahatkan Diri
Penting untuk menyisihkan sebagian waktu untuk bersantai. Orang-orang yang mengatakan bahwa mereka merasa bersalah jika memiliki waktu senggang juga lebih mungkin untuk melaporkan depresi, kecemasan, dan stres.

5. Kurangi Bermain Media Sosial
Media sosial dapat meningkatkan atau mengurangi perasaan positif tergantung pada bagaimana ia digunakan. Mengirim pesan ke teman atau melihat foto lama dapat menumbuhkan emosi positif karena mengingatkan Anda pada hubungan sosial.
 
Menggunakan media sosial juga berarti Anda lebih mungkin menemukan berita yang menghasilkan kecemasan. Meskipun tetap mendapat informasi itu penting, para ahli mengatakan lebih baik bagi otak Anda untuk secara aktif memilih cerita apa yang ingin Anda baca daripada menemukannya secara kebetulan.

6. Cintai Diri Sendiri
Bukti menunjukkan orang yang merasa tidak penting lebih mungkin mengalami kesehatan mental dan fisik yang negatif. Maka dari itu, penting untuk selalu mencintai diri sendiri. (tim redaksi)


#stres
#mengelolastres
#gayahidup
#bebanhidup
#terapistres
#pengobatanstres
#psikolog

Tidak ada komentar