Breaking News

3 Jenis Kanker Ini Terkait Erat dengan Kebersihan Jasmani

Kanker serviks. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Menjaga kebersihan diri mutlak dilakukan. Kebersihan jasmani menunjang kesehatan. Melansir Express, Selasa (6/12/2022), penyakit kanker ternyata erat kaitannya dengan kebersihan jasmani. 

Setidaknya ada 3 kanker yang disebabkan oleh kurangnya kebersihan jasmani:

1. Kanker mulut

Pada 2019, Indian Journal of Surgical Oncology memuat studi yang mengungkap bahwa kebersihan mulut yang buruk sangat terkait dengan kanker mulut. Kebersihan mulut yang buruk meningkatkan potensi karsinogenik untuk karsinogen lain seperti tembakau dan alkohol.

Menurut drg Sundeep Patel selaku kepala SmileStraight, kasus baru kanker mulut di Inggris telah meningkat ke rekor tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Angka yang dirilis oleh Oral Health Foundation menunjukkan bahwa 8.864 orang di Inggris didiagnosis menderita penyakit tersebut pada 2021.

Angka ini menandai peningkatan 34 persen dibandingkan dengan 10 tahun lalu. Angkanya melonjak lebih dari dua kali lipat dalam generasi terakhir.

2. Kanker penis

Kanker penis adalah jenis kanker langka yang kebanyakan menyerang kulit yang menutupi kepala penis. Ini bisa mengancam jiwa jika telat terdiagnosis. 

Menurut Cancer Net, kebersihan penis yang buruk meningkatkan perubahan peradangan kronis, yang pada gilirannya menyebabkan kanker. Badan kesehatan menyebut bahwa individu dengan fimosis, kondisi ketika kulup ketat tidak bisa ditarik kembali ke kepala penis, berisiko tinggi terkena kanker penis.

"Ini kemungkinan besar karena mereka yang menderita fimosis cenderung tidak dapat membersihkan penis secara menyeluruh," kata Cancer Net.

3. Kanker serviks

Praktik kebersihan menstruasi yang buruk, seperti tidak sering mengganti pembalut, merupakan faktor risiko yang signifikan dari kanker serviks. Kanker serviks saat ini menempati posisi keempat sebagai kanker yang paling sering didiagnosis pada perempuan.

Kanker serviks juga penyebab utama keempat kematian akibat kanker. Infeksi HPV, terutama tipe 16 dan 18, bertanggung jawab atas 75 persen dari semua kasus penyakit ini. 

Praktik menstruasi yang buruk bisa menyebabkan infeksi kronis, yang juga merupakan faktor risiko yang signifikan untuk kanker serviks. Para penulis menjelaskan bahwa pembalut sekali pakai mudah diklasifikasikan sebagai sesuatu yang higienis. 

Namun, pembalut yang dapat digunakan kembali seperti kain atau menstrual cup juga tepat dianggap higienis. Praktik kebersihan yang dianjurkan ialah membasuh area vagina dengan air atau sabun khusus. Jaga agar daerah vagina senantiasa kering. (tim redaksi)

#penyebabkanker
#kebersihantubuh
#kebersihanjasmani
#penggunaanpembalut
#infeksihpv
#higienis
#kebersihanmulut
#menggosokgigi

Tidak ada komentar