Breaking News

Yuk, ke Taman Mangrove Ketapang yang Lagi Hits di Kabupaten Tangerang

Satu keluarga berpose di Taman Mangrove Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Kabupaten Tangerang memiliki sejumlah destinasi pariwisata alam yang cukup terkenal. Seperti Pantai Tanjung Pasir, Telaga Biru hingga Tebing Koja. 

Tapi ada tempat wisata yang tengah hits di Kabupaten Tangerang yakni Taman Mangrove Ketapang. Wisata Taman Mangrove Ketapang bisa menjadi alternatif liburan bersama keluarga Anda. 

Apalagi harga tiket yang terjangkau dan akses tempuhnya yang mudah dijangkau. Pemandangan hamparan mangrove, udaranya yang segar, dan bangunan unik yang ada dijamin membuat Anda betah berlama-lama di sana sambil mengabadikan momen kebersamaan bersama keluarga.

Wisata Taman Mangrove Ketapang ini berlokasi di Kampung Pelelangan, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Hutan Mangrove satu ini mudah dijangkau karena lokasinya yang dekat dengan kawasan pemukiman pesisir penduduk desa Ketapang, dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Meski termasuk kawasan industri dan padat penduduk, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang berhasil menyulap kawasan pesisir Ketapang ini menjadi permukiman yang tertata rapi dan kawasan konservasi mangrove.

Bahkan kawasan ini menjadi salah satu ekowisata atau wisata berwawasan lingkungan di Kabupaten Tangerang. 

Di sana terdapat juga jalan tembus menuju kawasan wisata Urban Aquaculture Ketapang, jogging track hutan mangrove, pos tambat labuh, koperasi nelayan, penataan jembatan, pembuatan plaza hutan mangrove, dan masih banyak lagi.

Tapi yang menarik dari Wisata Taman Mangrove Ketapang ini terletak di penataan kawasannya yang tidak hanya berupa pembangunan fisik saja, namun juga lingkungan dan daya dukung ekonomi.

Selain kawasan desa nelayan, infrastruktur kawasan, menata rumah-rumah, pemerintah juga membangun pusat usaha, pujasera, tempat pelelangan ikan, pasar ikan, dan konservasi mangrove.

Di Tempat Wisata Taman Mangrove Ketapang ini Anda akan melihat setidak 16 jenis tanaman mangrove yang telah berhasil dikembangkan di Ketapang Aquaculture.

Jenis-jenis mangrove tersebut diantaranya adalah Xylocarpus granatum, Bruguiera gymnorrhiza, Bruguiera cylindrica, Rhizophora mucronata, Rhizopora apiculata, Rhizophora stylosa, Ceriop tagal, Sonneratia alba, dan lainnya.

Bagi Anda yang hendak datang ke kawasan Wisata Taman Mangrove Ketapang di Kabupaten Tangerang tidak perlu khawatir soal tiket masuk karena harga tiketnya hanya Rp5.000/pengunjung. Untuk anak-anak gratis.

Wisata Taman Mangrove Ketapang beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 - 18.00 WIB, sedangkan khusus untuk Jumat tutup lebih awal, yakni mulai pukul 08.00 - 17.30 WIB. (tim redaksi)


#kabupatentangerang
#kawasanwisata
#wisatahutanmangrove
#kecamatanmauk
#desaketapang
#kawasanpesisir

Tidak ada komentar