Breaking News

Waspada Banjir, BMKG: Curah Hujan di Banten di Atas Normal

Ilustrasi warga menerobos hujan deras di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Foto: net

WELFARE.id-Ini peringatan serius bagi warga Provinsi Banten terkait cuaca ekstrem pada puncak musim hujan yang akan terjadi pada akhir 2022 hingga awal 2023 mendatang.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geologi (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang Tarjono mengatakan bahwa puncak musim hujan diprakirakan berlangsung Desember 2022 hingga Februari 2023 di wilayah Provinsi Banten.

Tarjono mengatakan bahwa saat ini hampir seluruh wilayah Provinsi Banten sudah memasuki musim penghujan. Bagian wilayah Provinsi Banten yang baru memasuki musim hujan pada dasarian kedua November 2022, menurut dia, hanya Kota Serang dan Kabupaten Serang. 

Menurut hasil analisis BMKG Serang, curah hujan di wilayah Provinsi Banten pada musim hujan kali ini di atas normal karena ada pengaruh fenomena La Nina. Artinya curah hujan akan sangat tinggi.

Karena itu, Tarjono mengimbau warga mewaspadai dampak hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada masa puncak musim penghujan. "Kami minta masyarakat selalu waspada pada puncakmusim penghujan," katanya dikutip Rabu (9/11/2022).

Sedangkan Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Agus Reza Faisal juga mengingatkan warga yang tinggal di daerah rawan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan selama musim penghujan.

Bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung bisa terjadi selama musim penghujan. Agus juga mengatakan bahwa BPBD Lebak sudah menyiapkan personel dan sarana-prasarana pendukung penanggulangan bencana guna menghadapi potensi bencana selama musim penghujan. 

Menurutnya juga, BPBD Lebak juga sudah menyiapkan bantuan beras, makanan, minuman, dan obat-obatan untuk korban bencana. "Persediaan logistik untuk korban bencana cukup untuk enam bulan ke depan," tandasnya. (tim redaksi)

#cuacaekstrem
#puncakmusimhujan
#hujanderas
#bmkg
#stasiunmeteorologimaritimkelasIserang
#bpbdlebak
#bantuanbencana

Tidak ada komentar