Breaking News

VPN Makin Tren, Kenali Dulu Faktor Keamanannya

Aplikasi VPN. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Pengguna internet di Indonesia mencapai 204,7 juta orang atau setara 73,7 persen dari populasi. Menurut survei We Are Social, Kamis (24/11/2022) di Indonesia pengguna aktif media sosial sebanyak 191,4 juta orang.

Belakangan, layanan internet Virtual Private Network (VPN) mulai populer di kalangan netizen Indonesia. Head of Digital Marketing Chronox Idul Futra menilai, semakin tingginya ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan internet sejalan dengan pentingnya memperhatikan faktor keamanan. 

Ia menyarankan pengguna Virtual Private Network (VPN) agar membentengi diri dengan informasi keamanan. VPN sendiri merupakan layanan koneksi internet yang dikembangkan untuk memberikan akses atau jalur komunikasi secara aman dan privat.

Kegunaannya adalah untuk membuka situs yang terblokir, mengamankan data pribadi pada jaringan publik, data dienkripsi, dan mengamankan informasi pribadi maupun perangkat digital pribadi. 

"Dengan menggunakan VPN, data lebih aman dan terjaga kerahasiaannya. Namun, ada kelemahannya, seperti koneksi yang lambat dan tak stabil; konfigurasi manual; atau penggunaannya yang terbatas,” jelasnya, dalam sebuah webinar, dikutip Kamis (24/11/2022).

Meski fitur layanan VPN gratis, lanjutnya, ia tidak menyarankan penggunaannya. Pasalnya, tetap ada potensi masalah mengenai kebocoran data pribadi.

"Riwayat koneksi akan mudah diketahui dan dilacak, alamat internet bisa diintip, begitu pula kata sandi pada aplikasi yang digunakan. Penggunaan VPN gratis untuk transaksi keuangan sangat tidak disarankan," imbuhnya.

Terkait maraknya penggunaan teknologi internet, Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia Makassar Izki Fikriani Amir mengingatkan orang tua agar meningkatkan literasi digital guna pendampingan akses internet terhadap anak-anak mereka. Sebab, anak-anak sekarang sudah memiliki kemampuan mengakses internet. 

Padahal, konten internet tak seluruhnya sehat, bahkan banyak ditemukan konten negatif di internet yang bisa diakses anak-anak. "Banyak risiko yang mengancam di era digital sekarang ini. Oleh karena itu, orang tua harus memiliki kecakapan digital untuk mendampingi dan mengawasi anaknya saat beraktivitas di ruang internet,” imbaunya. (tim redaksi)

#aplikasivpn
#layananinternetvpn
#internet
#penggunainternet
#kecakapandigital

Tidak ada komentar