Breaking News

Valuasi Capai Rp70,2 Triliun, FSG Pertimbangkan Jual Liverpool

Logo klub sepakbola Liverpool. Foto: Istimewa/ Shutterstock

WELFARE.id-Pemilik Liverpool Fenway Sports Group (FSG) tengah mempertimbangkan untuk menjual saham kepemilikan klub Liga Premier Inggris tersebut. FSG yang dimiliki oleh John W Henry, membeli Liverpool dari George Gillett dan Tom Hicks pada 2010 dengan dana 300 juta poundsterling.

"FSG telah sering menerima pernyataan minat dari pihak ketiga yang ingin menjadi pemegang saham di Liverpool," kata FSG dalam pernyataan mereka, melansir AFP, Rabu (9/11/2022). Pihaknya tengah mempertimbangkan penjualan, demi kepentingan terbaik Liverpool sebagai klub.

Dibawah FSG, Liverpool mengalami transformasi luar biasa. Mereka mendatangkan Jurgen Klopp dari Borussia Dortmund sebagai pelatih The Reds pada 2015 dan keputusan itu menghadirkan kesuksesan luar biasa bagi tim.

Total delapan piala sejauh ini sudah dimenangkan Liverpool sejak diakusisi Fenway Sports Group, termasuk mengangkat trofi liga Inggris untuk pertama kali dalam 30 tahun dan menjuarai Liga Champions pada 2019. Berdasarkan laporan Forbes pada Mei 2022, Liverpool saat ini memiliki nilai jual sebesar 3,89 miliar poundsterling (sekitar Rp70,2 triliun). 

Angka tersebut sepuluh kali lipat lebih tinggi ketimbang saat FSG mengakuisisi Liverpool pada 2010.

Wajar jika FSG tergiur untuk menjual Liverpool yang kini valuasinya mencapai 3,89 miliar pounds! Dengan harga semahal itu, kira-kira siapa yang bisa membeli The Reds?

Mari kita menerka-nerka, siapa kira-kira yang akan tergiur untuk membeli klub hebat ini. Tidak banyak miliuner yang masuk dalam daftar tersebut. 

Tapi kemungkinan nama-nama yang muncul bakal sama seperti calon pembeli Chelsea beberapa waktu lalu. Salah satunya adalah Sir Jim Ratcliffe yang beberapa waktu lalu justru diisukan akan membeli Manchester United dari Keluarga Glazer, namun ditolak.

Jim adalah orang asli Inggris yang diketahui sebagai penggemar Setan Merah! Jim yang hobi bersepeda, lari, dan ski itu bukan nama baru di dunia olahraga Eropa.

Apalagi, ia juga punya dua klub sepakbola, Nice dari Prancis dan Laussane-Sport dari Swiss. Ia juga punya tim balap sepeda yang berkompetisi di tur dunia UCI, Ineos Grenadiers, selain menjadi sponsor untuk tim Formula 1 Mercedes.

Oleh karenanya, fans Liverpool di dunia maya memunculkan nama Ratcliffe sebagai calon pertama untuk jadi pemilik klub baru. Ratcliffe beserta konsorsium miliknya sempat tertarik membeli Chelsea juga Mei tahun ini, tapi gagal juga.

Dengan kekayaan Ratcliffe yang ditaksir mencapai 10,2 miliar paun, maka tidak sulit untuknya membeli Liverpool yang kini masuk daftar jual. Tapi, apakah fans Liverpool mau kalau pemiliknya itu fans Manchester United?

"Memang terlalu dini, tapi Sir Jim Ratcliffe sepertinya akan ada di barisan terdepan untuk membeli Liverpool Football Club. Ia bakal cocok dengan kebutuhan klub juga," ujar salah satu akun fansbase Liverpool The Anfield Talk. (tim redaksi)

#liverpool
#ligainggris
#klubsepakbolainggris
#thereds
#fenwaysportsgroup
#fsgberencanajualliverpool
#manchesterunited
#liverpoolmasukdaftarjual

Tidak ada komentar