Breaking News

Usai Direbut dari Rusia, Pemerintah Ukraina segera Evakuasi Warga yang Ingin Tinggalkan Kherson

Kehancuran Kota Kherson yang sempat diduduki pasukan Rusia. Foto: AFP

WELFARE.id-Seorang pejabat senior Ukraina mengatakan pihaknya akan segera mengevakuasi masyarakat yang ingin meninggalkan Kota Kherson dan daerah sekitarnya. Baru-baru ini pasukan Ukraina berhasil membebaskan kota di bagian selatan itu dari pendudukan Rusia.

Deputi Perdana Menteri (PM) Ukraina Iryna Vereshchuk mengatakan beberapa orang mengungkapkan harapannya untuk pindah dari Kherson dan daerah sekitar Mykolaiv, sekitar 65 kilometer sebelah barat laut Ukraina. 

"Mungkin akan terjadi dalam beberapa hari ke depan," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan televisi di Mykolaiv, Sabtu (19/11/2022). Ketika ditanya kapan evakuasi dimulai? ia menjawab pemerintah sudah membuat persiapan yang diperlukan. 

Ia juga menambahkan orang-orang yang akan pergi adalah orang lanjut usia dan yang terdampak pada tembakan Rusia. Kiev mengatakan pasukan Rusia menghancurkan infrastruktur-infrastruktur penting Kherson sebelum hengkang dari kota itu pada awal bulan ini. 

"Ini hanya evakuasi sukarela, saat ini kami tidak membicarakan evakuasi paksa," kata Vereshchuk.
"Namun bahkan dalam kasus evakuasi sukarela, negara bertanggung jawab untuk transportasi, masyarakat harus dibawa ke tempat dimana mereka akan menghabiskan musim dingin," katanya lagi.

Vereshchuk juga mengatakan pemerintah Ukraina memiliki beberapa poin untuk evakuasi. Salah satunya menggunakan Mykolaiv sebagai titik transit sebelum mengirimkan orang-orang yang dievakuasi ke tempat yang lebih aman di barat.  

Pada Agustus lalu ia mengatakan Ukraina berencana memperluas jumlah distrik garis pertempuran di mana warga sipil diwajibkan melakukan evakuasi. Dari daerah-daerah yang dapat diduduki Rusia atau menghadapi masalah pemanas di musim dingin. (tim redaksi)

#perang
#ukraina-rusia
#evakuasiwarga
#kotakherson
#orangtuadanlansia
#musimdingin

Tidak ada komentar