Breaking News

Tiga Provinsi Baru di Papua Resmi Terbentuk, Mendagri Sebut Indonesia Kini Miliki 37 Provinsi

Pelantikan tiga penjabat gubernur untuk tiga provinsi di Papua yang baru saja disahkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Provinsi di Pulau Papua bertambah. Setelah sebelumnya ada dua provinsi di Bumi Cenderawasih itu, kini bertambah tiga provinsi baru lagi dan sudah disahkan.  

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meresmikan tiga Provinsi DOB (Daerah Otonomi Baru) yakni Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Penjabat (Pj) gubernur tiga provinsi baru tersebut juga ikut dilantik di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (11/11/2022).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan peresmian tiga provinsi baru ini menjadi bagian penting untuk Papua dan Indonesia

"Menambah dari 34 provinsi Indonesia jadi 37 provinsi yaitu Papua Selatan Papua Tengah dan papua Pegunungan," ujarnya. 

Selain menetapkan tiga provinsi baru di Papua, Mendagri Tito Karnavian juga melantika penjabat atau pj tiga gubernur yang akan menjabat di tiga provinsi baru tersebut. 

Adapun PJ yang dilantik Apolo Safanpo untuk Pj Gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo untuk Pj Gubernur Papua Pegunungan dan Ribka Haluk untuk Pj Gubernur Papua Tengah.

Apolo merupakan mantan Dekan Universitas Cendrawasih Papua. Nikolaus merupakan mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua. Sementara Ribka mantan penjabat Bupati Kabupaten Yalimo Provinsi Papua. (tim redaksi)


#kemendagri
#tigaprovinsibaru
#bumicenderawasih
#papua
#penjabatgubernur
#mendagri
#titokarnavian

Tidak ada komentar