Breaking News

Tiga Minggu Usai Ambil Alih Twitter, Elon Musk Pulihkan Akun Donald Trump

Mantan Presiden AS, Donald Trump. Foto: AFP

WELFARE.id-Kontroversi kembali dilakukan Elon Musk. Beberapa pekan setelah mengambil alih kepemilikan Twitter, dia memulihkan akun mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Musk mengatakan pemulihan akun milik mantan Presiden Amerika Serikat (AS) itu guna memenuhi salah satu janji awalnya. Trump yang akan mencalonkan diri sebagai presiden untuk ketiga kalinya, diizinkan kembali beraktivitas di Twitter.

Musk membuat keputusan tersebut melalui jajak pendapat Twitter. Pada Jumat malam (18/11/2022), Musk mengunggah jajak pendapat yang meminta warganet untuk memilih apakah Twitter harus mengembalikan akun Trump.

”Vox Populi, Vox Dei,” kata Musk dalam cuitannya. Ungkapan tersebut adalah bahasa latin dari “Suara rakyat, suara Tuhan.” Setelah 24 jam, jajak pendapat ditutup dan Musk mengumumkan akun Trump akan dipulihkan.

Segera setelah itu, akun Trump @realDonaldTrump online, meskipun dia belum membuat cuitan. Sebelumnya, Trump mengklaim tidak akan kembali ke Twitter meskipun akunnya dipulihkan.

Opsi mengembalikan akun Trump menang dengan 51,8 persen dari 15.085.458 suara. Saat jajak pendapat sedang berlangsung, Musk mengatakan telah mendapat satu juta suara per jam.

Tidak hanya Trump, beberapa akun kontroversial juga telah dipulihkan. Termasuk komedian Kathy Griffin dan penulis konservatif Jordan Peterson.

Dilansir Engadget, Minggu (20/11/2022), Twitter menangguhkan akun Trump pada awal tahun 2021 setelah dia melanggar aturan yang melarang menghasut kekerasan.

 Selain itu, dia juga melanggar kebijakan integritas sipil Twitter dengan menyatakan dukungan untuk massa yang menyerbu Capitol Hill pada 6 Januari 2021 lalu.
Awalnya akunnya ditangguhkan selama 12 jam. 

Tapi beberapa hari kemudian, Twitter secara permanen menangguhkan akun Trump. Sejak itu, Trump tidak dapat menggunakan platform tersebut. Kembalinya Trump mungkin merupakan keputusan bisnis di pihak Musk.

Awal pekan ini, sebuah laporan Reuters menunjukkan banyak pengguna Twitter telah pindah ke Instagram dan TikTok. Musk sendiri telah mencatat banyak akun Twitter yang paling banyak diikuti tidak sering membuat cuitan. (tim redaksi)

#twitter
#elonmusk
#pengambilalihankepemilikan
#donaldtrump
#akundipulihkan
#kontroversi

Tidak ada komentar