Breaking News

Tetap Bahagia di Hari Tua, Ini Dia Rahasianya!

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id–Aktor senior Rudy Salam meninggal dunia Jumat (18/11/2022). Sang istri, Marina Gardena mengungkapkan, suaminya itu tak mengidap sakit apapun sebelum meninggal dunia. 

Namun, Rudy memang sempat depresi selama tujuh tahun karena di rumah saja. "Dia itu sebetulnya depresi sudah tujuh tahun. Sudah nggak bisa jalan, dia memang di rumah aja gitu. Kalau dibilang sakitnya apa ya nggak ada," katanya. 

Untuk sebagian orang, menginjak usia 50-an ke atas adalah hal yang cukup menakutkan dan mencemaskan, sebab banyak sekali hal-hal yang senantiasa berubah. Diusia ini, harus diakui kamu tidak lagi memiliki kondisi kesehatan sebaik masa muda. Kamu menjadi lebih cepat lelah, pikun, atau bahkan mulai merasakan keluhan-keluhan kesehatan. 

Meski begitu, kamu harus segera berhenti mengeluh akan kondisi fisik yang semakin menurun. Mulailah untuk menikmati yang kamu miliki sekarang, dan besyukurlah bahwa kenyataanya tidak banyak orang yang dapat menikmati hari tua dengan kondisi yang baik. 

Jika kamu sudah menerapkan pola hidup sehat sejak muda, masa ini adalah waktunya kamu menuai hasil jerih payahmu tersebut. Terbukti di negara-negara maju, kita dapat menemui banyak lansia yang masih sehat, berumur panjang dan produktif. 

Untuk tetap sehat dan bahagia memasuki usia tua, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar masa tuamu dapat dilewati dengan menyenangkan. 

1. Menjaga Kehidupan Sosial 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Psychological Association mengungkapkan bahwa memiliki kehidupan sosial yang baik dan memprioritaskan aktivitas sosial mampu menekan penurunan kesehatan lansia. 

Hal ini dapat kita jadikan pengingat bahwa mempertahankan pertemanan dalam kondisi apapun dan menjalin pertemanan baru adalah hal yang penting sebagai bekal di hari tua. 

2. Tetap Aktif 

Saat usia sudah tidak lagi muda, perasaan seperti tidak lagi berguna lagi bisa jadi akan muncul. Begitu juga perasaan sesal karena tidak dapat lagi dengan mudah melakukan kegiatan seperti dulu. 

Pikiran seperti ini harus segera kamu buang. Alihkan perhatian kamu dengan tetap aktif melakukan berbagai kegiatan. Jangan batasi diri kamu hanya pada karir, keluarga, dan pasangan. 

Kamu harus tetap mengekspresikan diri kamu di luar itu semua agar muncul perasaan puas terhadap diri sendiri dan bahagia. Kamu juga harus tetap ingat bahwa kebahagiaan akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta menjauhkan kamu dari perasaan cemas dan depresi. 

3. Latih otak 

Pensiun tidak berarti tua dan pikun. Melakukan berbagai kegiatan yang bisa melatih otak setelah Anda pensiun bisa menjaga ketajaman otak dalam berpikir dan mengingat. Ini bahkan sama pentingnya dengan melatih fisik Anda. 

Beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak dan ketajaman pikiran antara lain bermain kartu, bermain catur, membaca, menonton sepakbola, atau menjelajah berbagai tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.


4. Memiliki Tabungan dan Pendapatan Pasif 

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kondisi finansial yang mencukupi saat usai tua adalah salah satu bekal utama. Kamu tidak perlu merasa sungkan saat harus meminta bantuan kepada anak, karena dengan memiliki tabungan yang cukup, anak tidak akan merasa terbebani. 

Untuk mendapatkan kondisi finansial yang baik ini, kamu harus mulai menabung sejak muda. Selain itu, kamu juga harus segera memulai bisnis menguntungkan sebagai pendapatan pasifmu. 

5. Tetap Berolahraga dan Menjaga Asupan Gizi 

Poin inilah yang paling penting diantara semuanya untuk tetap merawat kesehatan di hari tua. Kamu harus tetap berolahraga rutin meskipun kondisi fisikmu tak lagi prima. Namun pilihlah jenis olahraga yang ringan seperti yoga, pilates, tai chi, atau senam kebugaran. 

Selain itu, menjaga asupan gizi yang baik juga sangat penting. Hindari mengonsumsi makanan instan, gorengan, dan minuman beralkohol. Buat kamu yang merokok, pikiran segera untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Perbanyak makan sayur hijau dan buah serta vitamin untuk menjaga tubuh kamu selalu prima. 

Walaupun terasa berat, proses penuaan memang tidak dapat dihentikan. Semakin hari, kamu akan merasakan perbedaan kemampuan fisik yang kamu miliki, sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak melakukan pola hidup sehat.  

6. Periksa kesehatan secara berkala 

Memeriksakan kesehatan secara rutin juga merupakan salah satu hal yang penting untuk Anda lakukan, demi menikmati hari tua dengan sehat dan nyaman. 

Ada beberapa jenis tes kesehatan yang mungkin akan disarankan dokter ketika Anda memasuki usia 50-an, antara lain berat badan, tekanan darah, kadar kolesterol, kadar gula darah, kesehatan mata, kelengkapan imunisasi, hingga deteksi dini kanker. 

Masing-masing orang mungkin memiliki ketakutan atau harapan mengenai masa pensiunnya. Namun, apa pun sudut pandangnya terhadap pensiun, persiapan yang matang diperlukan bagi semua orang untuk bisa menikmati masa pensiun yang indah. 

Apabila Anda mengalami ketakutan atau keraguan akan masa pensiun yang sudah dekat, bahkan sampai kehilangan rasa percaya diri maupun tujuan hidup, Anda bisa mengonsultasikan hal tersebut ke psikolog atau psikiater. (tim redaksi) 

#depresi
#tips
#bahagiadiharitua
#tipsbahagia
#caramenghindarideoresidiharitua

Tidak ada komentar